Sambut HUT RI ke – 77, Dandim 0103/Aceh Utara Silaturahmi Denga Lintas Suku dan Lintas Agama

 Sambut HUT RI ke – 77, Dandim 0103/Aceh Utara Silaturahmi Denga Lintas Suku dan Lintas Agama

Lhokseumawe – Sambut HUT ke-77 RI tahun 2022, Komandan Kodim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf. Hendrasari Nurhono, S.I.P, M.I.P melakukan Temu Lintas Suku dan Lintas Agama wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara, di Makodim 0103/ Aceh Utara, Jumat (12/8/2022).


Hadir dalam pertemuan tersebut Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, Paguyuban Marga Silima Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Ikatan Keluarga Besar Asli Sumatera Selatan (IKASS), Forum Masyarakat Pidie Raya (Formaspira), Himpunan Mahasiswa Papua (Himapal).

Serikat Tolong Menolong (STM), SAHORA suku Batak Kota Lhokseumawe, Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT) kota Lhokseumawe, Paguyuban Anak Tranmigrasi Aceh Utara, Yayasan Budha Tzuci Lhokseumawe dan Paguyuban Tlong Hoa Lhokseumawe, Acara tersebut dikemas dengan Olahraga bersama (Senam dan Jalan Santai/Jogging bersama dilanjutkan Jep Kupi Beugoh/Coffe Morning (minum kopi pagi bersama).


Baca juga :  Wali Kota Buka Lhokseumawe Expo 2019

Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf. Hendrasari Nurhono S.I.P, M.I.P dalam silaturahmi tersebut mengatakan bahwa pertemuan dengan para pemangku suku masyarakat di wilayah Kodim 0103/Aceh Utara adalah dalam rangka mendukung program pemerintah dalam hal kerukunan umat seagama dan kerukunan antar umat beragama.

“Dengan pertemuan ini, mari kita perkuat toleransi, keluarga yang rukun, lingkungan yang damai dan sebagai upaya memperteguh kerukunan antar umat beragama, karena Indonesia ini besar bukan karna persamaannya, tapi Indonesia besar karena kita saling menghargai perbedaan yang ada,” Kata Dandim.

Baca juga :  PT Pupuk Iskandar Muda Raih Top Digital Publik Relation Award 2022

Dandim menambahkan, Meskipun sikap toleransi sudah dijunjung tinggi oleh masyarakat kita, tetapi dengan peringatan HUT RI ke – 77 ini merupakan momentum untuk memantik kembali semangat bertoleransi sekaligus menguatkan kembali Semangat Nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara.

Sehingga kita terus saling menguatkan satu sama lain, dengan adanya komunikasi yang efektif, silaturahmi yang kuat dan gotong royong yang tinggi untuk melakukan aksi-aksi sosial yang nyata untuk masyarakat kita dan berbuat yang terbaik untuk Negara.

Indonesia sebagai negara Kepulauan khususnya Aceh memiliki karakteristik masyarakat yang begitu Plural baik dari suku dan agama sehingga sangat penting bagi kita untuk terus mempererat persatuan walaupun dalam perbedaan.

Baca juga :  Pendukung Prabowo Banyak Yang Tidak Percaya Vaksin Covid-19

Toleransi merupakan penghargaan dan penghormatan kepada setiap umat manusia, perbedaan budaya, suku, agama, ras, bahasa harus diberikan ruang dengan saling menghargai, menghormati satu sama lain.

“Mari kita bangun toleransi, bersama kita buang jauh sikap kebencian, ketidaksukaan dan permusuhan, akan tetapi kita harus saling bersinergi dalam membangun daerah kita, apalagi dengan Motto Kodim 0103/Aceh Utara saat ini yaitu Meuiman dan Tameusaboh Keu Nanggroe (Beriman dan Bersinergi untuk Negeri),”Kata Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Inf Hendrasari Nurhono, S.I.P, M.I.P.[Ril]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait