Jokowi Sebut Harga Pertalite yang Benar Rp 17.100 Per Liter

 Jokowi Sebut Harga Pertalite yang Benar Rp 17.100 Per Liter

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa harga bensin Pertalite yang saat ini berada di angka Rp 7.650 per liter bukanlah harga keekonomian saat ini. Harga murni bensin Pertalite adalah Rp 17.100 per liter.


Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Silatnas dan Ultah ke 19 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022).

Baca juga :  Ketua Projo Sebut Surya Paloh Sampaikan Duet Ganjar-Anies ke Jokowi

Awalnya, Jokowi menceritakan bagaimana kondisi Amerika Serikat (AS) saat ini. Negara tersebut diterpa kenaikan harga barang karena inflasi yang melonjak. Harga bensin di negara tersebut, bahkan kini sudah naik hingga dua kali lipat.


“Coba di negara kita bayangkan Pertalite naik dari Rp 7.650 harga sekarang, kemudian jadi harga yang benar Rp 17.100. Demonya berapa bulan?,” kata Jokowi.

Baca juga :  Siapa Lebih Mahal Harga BBM di Malaysia atau Indonesia?

Jokowi kemudian teringat dengan keputusan pemerintah yang kala itu mengerek harga bahan bakar minyak (BBM) hingga 10%. Pada saat itu, ada aksi penolakan besar-besaran dari masyarakat selama lebih dari tiga bulan lamanya.

“Naik 10% saja demonya saya ingat, demonya tiga bulan. Kalau naik sampai 100% lebih, demonya akan berapa bulan?,” kata Jokowi.

Pemerintah, kata Jokowi, berusaha mengendalikan agar harga BBM tidak mengalami ikut terdampak dari kenaikan harga minyak. Jokowi tak ingin kenaikan harga bensin, ikut mengerek harga barang konsumsi lainnya.

Baca juga :  Polisi Selidiki Komposisi Bom Bunuh diri di Polresta Medan

“Begitu harga bensin naik, harga barang otomatis melompat bersama. Oleh sebab itu, pemerintah mengeluarkan anggaran subsidi yang tidak kecil Rp 502 triliun yang tidak ada negara yang berani memberikan subsidi sebesar yang dilakukan Indonesia,” kata Jokowi.[CNBC Indonesia]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait