Inflasi Spanyol Meroket 10,8 Persen

 Inflasi Spanyol Meroket 10,8 Persen

Jakarta – Spanyol mencatatkan rekor inflasi di wilayah Eropa pada Juli 2022 sebesar 10,8% secara tahunan (year-on-year/yoy).
Inflasi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 10,2% dan juga di atas ekspektasi pasar sebesar 10,6%.


Berdasarkan data pendahuluan yang dirilis Lembaga Statistik Nasional (INE) tersebut, inflasi itu menjadi yang tertinggi sejak September 1984 atau dalam 38 tahun terakhir.

Baca juga :  Daya Beli Masyarakat Diprediksi Melambat

Kenaikan inflasi secara signifikan tersebut didorong oleh lonjakan harga pangan dan energi.


Seperti sebagian besar tetangganya di Eropa, Spanyol sedang berjuang melawan lonjakan inflasi yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai akibat dari kejatuhan ekonomi akibat perang di Ukraina dan pembukaan kembali ekonomi setelah lockdown akiban pandemi Covid-19.

Baca juga :  Semua Harga Naik! 'Tsunami' Inflasi Jadi 'Tsunami' Derita

Sebelumnya, Menteri Ekonomi Nadia Calvino memperingatkan bahwa inflasi merupakan tantangan utama bagi ekonomi Spanyol.

Adapun, pemerintah yang memproyeksikan inflasi sedikit melandai pada paruh kedua tahun ini telah meluncurkan serangkaian langkah untuk membantu rumah tangga dan bisnis mengatasi krisis biaya hidup, seperti subsidi bahan bakar dan pengurangan biaya hidup. pajak listrik.

Baca juga :  4.557 Dipasang Jaringan Gas Rumah Tangga di Aceh Utara

Menurut Perdana Menteri Sosialis Pedro Sanchez, langkah-langkah tersebut mencakup dana senilai 30 miliar euro (US$ 31 miliar) atau 2,3% dari PDB Spanyol.[CNBC Indonesia]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait