Varian Baru Covid Sudah Masuk Indonesia, Bisa Sebabkan Mata Merah

 Varian Baru Covid Sudah Masuk Indonesia, Bisa Sebabkan Mata Merah

Jakarta – Sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 dikonfirmasi sudah masuk ke Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, ditemui di kantornya, Jumat (10/6/2022).


“Nah, untuk informasi teman-teman itu memang sudah ditemukan di Indonesia kemarin di Bali sudah ada 4 orang yang terkena BA.4 dan BA.5. Kita sekarang sudah monitor karena memang ini bisa menghindari imunitas vaksin, penyebarannya juga cepat sama seperti varian Omicron,” jelas Budi.

Baca juga :  Film 15 Minutes, Ketika Detektif Ingin Membongkar Kasus Pembunuhan

BGS, sapaan akrabnya, mengatakan kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa waktu ini juga terjadi karena adanya varian baru tersebut.


“Jadi kita sudah memastikan penyebab kasus naik pasti adanya varian baru,” tuturnya.

Meski begitu, kasus Covid-19 di Indonesia menurut BGS masih terpantau baik. Penyebabnya adalah angkat positivity rate dan transmisi kasus yang dilaporkan rendah.

Baca juga :  Dua Wanita Cantik ini Pasang Iklan Cari Jodoh, Ajak Pria yang Mau Poligami Daftar

Sejauh ini, hanya DKI Jakarta yang mencatatkan angka positivity rate pada level 3%. Sementara itu secara nasional masih dilaporkan berada di 1,1%.

“Tapi berhubung imunitasnya masih tinggi, kita lihat kenaikannya kasus masih dalam level yang aman,” katanya.
Menurut profesor kedokteran penyakit menular dari Northwestern, Michael Angarone, gejala BA.4 dan BA.5 disebut mirip seperti varian virus Corona lainnya.

“Jadi ini virus yang sama, jadi SARS CoV-2. Jadi kami melihat gejala yang sama,” katanya, seperti dikutip dari Deseret News.

Baca juga :  Masjid Di Afghanistan Diserang Kelompok Bersenjatan, 7 Jamaah Tewas

Berikut ini tanda-tanda omicron BA.4 dan BA.5:

Gejala Umum
Demam
Batuk
Kelelahan
Hilangnya rasa atau bau

Gejala Kurang Umum
Sakit tenggorokan
Sakit kepala
Sakit dan nyeri
Diare
Ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki
Mata merah atau iritasi[CNBC Indonesia]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait