Kegigihan PT PIM Menerangi Desa Terpencil di Aceh Utara

 Kegigihan PT PIM Menerangi Desa Terpencil di Aceh Utara

Aceh Utara – PT Pupuk Iskandar muda (PIM) selaku perusahaan yang peduli terhadap permasalahan lingkungan dan perubahan iklim, berkomitmen dalam mewujudkan teknologi Energi Baru Terbarukan (EBT) terhadap Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB).


Komitmen perusahaan ini diimplementasikan dalam bentuk kegiatan yang bertajuk PIM Green Action dengan tema Gampong Terang Hemat Energi. Kegiatan ini dilakukan di Dusun Sarah Raja, Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara yang merupakan Desa 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

PT Pupuk Iskandar Muda bersinergi dengan Dinas Sosial Aceh Utara dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara dalam melakukan sosialisasi penghematan energi dan penyerahan PLTS di Dusun Sarah Raja. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 27-28 Juni 2022 ini mendapat apresiasi dari pihak pemerintah dan masyarakat setempat.


PT PIM Menyalurkan bantuan berupa 1 Unit PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Meunasah Gampong Sarah Raja, 8 unit PJU (Penerangan Jalan Umum) lampu LED tenaga surya di Dusun Sarah Raja dan 2 unit PJU (Penerangan Jalan Umum) lampu LED tenaga surya di Dayah Bustanul Muttqin Desa Leubok Pusaka kec. Langkahan.

Baca juga :  Ketika Harga Minyak Indonesia Tak Kunjung Turun

Penyerahan bantuan dilakukan oleh VP PKBL & Humas PT PIM, Nasrun; Project Manager Pengelolaan Lingkungan PT PIM, Usman dan AVP PKBL, Jufri kepada Kepala Dusun Sarah Raja, Penyerahan dan Pemasangan ini juga disaksikan Dinas Sosial Aceh Utara, Suryani dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara, Keumala, Senin, (27 Juni 2022).

Zulkifli selaku Kepala Dusun Sarah Raja mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT Pupuk Iskandar Muda. “Dengan adanya bantuan PLTS dan PJU dari PT PIM ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Dusun Sarah Raja sebagai alternatif listrik konvensional dalam menghasilkan listrik dan penerangan bagi Dusun kami ini,” katanya.

Baca juga :  Petaka Amonia Di Aceh

Jufri AVP PKBL PT PIM dalam sambutannya mengungkapkan, “Teknologi EBT ini menjadi solusi bersama yang harus dijaga dan dirawat untuk keperluan masyarakat Dusun Sarah Raja seperti pengajian, sarana ibadah, balai pertemuan dan aktivitas sehari-hari, dengan adanya PJU ini juga diharapkan menjadi mitigasi gajah agar perkebunan warga tidak diganggu hewan liar,” jelas Jufri.

Dalam program penyerahan PLTS dan PJU juga dilakukan sosialisasi penghematan energi, pelatihan sistem kerja, cara merawat dan memelihara PLTS dan PJU yang dilakukan oleh tim teknis PT PIM ke masyarakat Dusun Sarah Raja.

Vice President PKBL & Humas, Nasrun yang juga mengikuti kegiatan misi sosial dan kemanusian di dusun Sarah Raja, mengungkapkan bahwa kegiatan bantuan PLTS ini merupakan kepedulian PT Pupuk Iskandar Muda kepada masyarakat tertinggal melalui program 3 T, Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini merupakan penghematan energi yang dapat menambah efisiensi energi yang merupakan solusi alternatif yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik.

Baca juga :  Terpapar Amonia, Pekerja PT Pupuk Iskandar Muda Dibawa ke Rumah Sakit

Penyerahan bantuan PLTS ini juga diharapkan mendukung program strategis pemerintah dalam pemulihan dan pengendalian perubahan iklim untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Sehingga di dusun Sarah Raja ini akan terang sepanjang hari dan meringankan biaya pembayaran listrik ke PLN, balai pengajian tempat ibadah dapat digunakan sepanjang malam sesuai kebutuhan masyarakat, sebelumnya di dusun Sarah Raja ini kami juga telah membantu MCK, Air Bersih dan bentuk bantuan lainnya, ujar Nasrun.[Ril]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait