Israel-Arab Bakal Buka Hubungan, Palestina Makin Merana!

 Israel-Arab Bakal Buka Hubungan, Palestina Makin Merana!

Jakarta – Hubungan Israel dengan negara-negara Arab semakin mesra. Hal tersebut terlihat dari penandatanganan perjanjian perdagangan bebas antara negara Yahudi itu dengan Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (31/5/2022).


Perjanjian ini sendiri menjadi perjanjian dagang terbesar Israel dengan negara Arab. Adapun perjanjian kerja sama ini disepakati di tengah panasnya hubungan Israel dan Palestina.

Presiden Dewan Bisnis UEA-Israel Dorian Barak mengatakan perjanjian perdagangan menetapkan tarif pajak, impor, dan kekayaan intelektual yang akan mendorong lebih banyak perusahaan Israel untuk mendirikan kantor di UEA, khususnya di Dubai.


Baca juga :  TPID Kota Lhokseumawe Sidak Pasar

Dewan memperkirakan akan ada hampir 1.000 perusahaan Israel yang bekerja di atau melalui UEA pada akhir tahun melakukan bisnis dengan Asia Selatan, Timur Jauh, dan Timur Tengah.

“Pasar domestik tidak mewakili keseluruhan peluang. Peluang benar-benar terbentuk di Dubai, seperti yang dimiliki banyak perusahaan untuk menargetkan wilayah yang lebih luas,” kata Barak kepada Reuters.

Jelang penandatanganan, Kementerian Ekonomi Israel mengatakan kesepakatan tersebut bakal menghapus tarif makanan, pertanian, kosmetik, peralatan medis, dan obat-obatan.

Baca juga :  Kejari Aceh Utara Sebut Akan Ada Tersangka Terkait Dugaan Korupsi di Baitul Mal

“Bersama-sama kita akan menghilangkan hambatan dan mempromosikan perdagangan yang komprehensif dan teknologi baru, yang akan membentuk dasar kuat untuk jalan kita bersama, akan berkontribusi pada kesejahteraan warga, dan mempermudah bisnis,” tutur Menteri Ekonomi dan Industri IsraelOrnaBarbivai.

Bagi UEA yang kaya minyak, kesepakatan dengan Israel adalah perjanjian perdagangan bebas bilateral kedua setelah menandatangani kesepakatan serupa dengan India pada Februari. Hal ini dalam pembicaraan perdagangan bilateral dengan beberapa negara lain, termasuk Indonesia dan Korea Selatan.

Baca juga :  606. 677 orang sembuh dari virus corona dan Israel Negara Teraman dari Covid-19

UEA pun secara agresif mengejar kesepakatan ini dalam upaya untuk memperkuat ekonomi dan statusnya sebagai pusat bisnis utama setelah terpukul oleh pandemi Covid-19.

Israel dan UEA sebelumnya telah menjalin hubungan pada September 2020 dalam kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat. Hubungan itu ‘melanggar’ kebijakan Arab selama beberapa dekade yang mendukung Palestina. Perlu diketahui, perjanjian kali ditandatangani di tengah meningkatnya ketegangan Israel-Palestina.[CNBC Indonesia]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait