6 Film yang Dianggap Melecehkan Agama Islam

 6 Film yang Dianggap Melecehkan Agama Islam

Bukan karena aktingnya yang keren, tapi malah menjadi film yang dianggap melecehkan agama Islam. Film sendiri adalah sebuah media yang sangat jitu untuk mengundang kontroversi.


Hal ini merupakan subjek yang sensitif dan harus diatasi dengan hati-hati. Jangan sampai pembuat film ini memicu kemarahan jutaan orang yang mempercayai keyakinan tertentu di seluruh penjuru dunia, salah satunya agama Islam.

Padahal, film sendiri adalah sebuah tontonan yang seharusnya menghibur, terlebih bila film tersebut adalah kesukaan kita. Tapi di luar sana masih banyak yang memproduksi film dengan tujuan untuk menyinggung agama tertentu .


Sebab itu, sangat disayangkan sebuah karya yang seharusnya menjadi hiburan, malah menjadi bahan provokator. Nah, berikut ulasan tentang film yang dianggap melecehkan agama Islam yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

1. Submission

Pada tahun 2004 silam, pembuat film Belanda yang bernama Theo van Gogh dan penulis Ayaan Hirsi Ali, bekerja sama untuk membuat sebuah film yang berjudul Submission. Film tersebut adalah sebuah film pendek radikal mengenai agama Islam dan pelecehan kepada perempuan muslim. Karena itu, film tersebut langsung memancing amarah warganet.

Baca juga :  Detik-detik Gadis 17 Tahun Diterkam Buaya

Setelah film tersebut dirilis di tahun yang sama, Van Gogh ditembak mati dan ditikam oleh seorang ekstremis. Sementara itu, Hirsi Ali harus bersembunyi tidak lama setelah kejadian tersebut. Putri dari pemimpin oposisi Somalia ini masih hidup dan tetap melaksanakan pekerjaannya sebagai aktivis feminis, penulis, dan politikus Belanda.

2. The Life of Muhammad

Film yang dianggap melecehkan agama Islam berikutnya berjudul The Life of Muhammad yang dirilis pada April 2008. Film ini dibuat oleh politisi Belanda kelahiran Iran, Ehsan Jami.

Film tersebut menceritakan kisah Nabi Muhammad dengan istrinya yang masih berusia 9 tahun, namun dalam sudut pandang seksual. Film ini juga memperlihatkan wajah Nabi Muhammad.

Padahal, dalam Islam sendiri hal tersebut tidak diperbolehkan. Penulis film ini adalah anggota Dewan Kota Leidschendam-Voorburg yang juga pendiri Komite Eks Muslim, organisasi yang menampung orang Islam murtad. Jami keluar dari Islam dan langsung menolak segala sesuatu tentang agama Islam setelah kejadian teror 9/11.

3. Fitna

Baca juga :  Ratusan TNI Aceh Utara Di Rapid Test

Film tersebut dirilis tahun 2008 silam yang dibuat oleh anggota Parlemen Belanda, Greert Wilders. Film dengan durasi 17 menit ini menceritakan tentang Islam, ayat-ayat Al Quran, dan potongan aksi terorisme yang dilakukan oleh umat Islam.

Film ini menyimpan pesan bahwa Al Quran memotivasi orang untuk membenci siapa pun yang menyerang Islam. Pada akhirnya, film tersebut di blok.

Sementara di Indonesia sendiri, film ini menuai protes keras sampai ke tingkat hubungan diplomatik Indonesia-Belanda. Presiden SBY kala itu berkomentar mengenai politisi nyentrik itu. SBY mengatakan pemerintah sudah bersikap tegas untuk melarang film yang dianggap melecehkan agama Islam itu tayang di Indonesia.

4. Naura dan Genk Juara

Film drama musikal, Naura dan Genk Juara menuai kontroversi di khalayak umum lantaran menjadi film yang dianggap melecehkan agama Islam. Bahkan, ajakan boikot film ini ramai diperbincangkan di media sosial. Film ini mengangkat kisah seorang tokoh yang taat agama, tapi justru ia sering melakukan kejahatan, salah satunya adalah mencuri.

5. Innocence of Muslim

Film yang dianggap melecehkan agama Islam berikutnya adalah Innocence of Muslim. Bahkan, film ini sampai menuai protes dari ribuan demonstran di Libya dan Mesir, bahkan sampai menewaskan Dubes AS untuk Libya. Film ini menceritakan kisah kehidupan Nabi Muhammad yang dibumbui dengan pedofil dan homoseksual.

Baca juga :  Film Jumanji: Welcome to the Jungle, Kisah Komedi Pertualangan

Beberapa adegan dalam film yang berdurasi selama 2 jam ini sudah diunggah ke internet dan bisa juga disaksikan di beberapa saluran satelit secara privat. Secara keseluruhan, film ini menggambarkan kehidupan umat Islam sebagai manusia tak bermoral dan sarat dengan kekerasan.

6. Taken 2

Siapa sangka bahwa film yang bergenre aksi thriller yang dibintangi oleh Liam Neeson dan Maggie Grace ini ternyata sempat membuat heboh warganet. Dalam film tersebut, orang Islam diperlihatkan sebagai penjahat teroris yang kejam dan perlu dimusnahkan sampai ke akarnya. Karena itu, banyak yang menganggap bahwa film ini memperlihatkan Islam sebagai agama yang ganas.

Film yang dianggap melecehkan agama Islam ini juga dianggap berbahaya karena sudah menyebarkan paham fobia Islam yang memantik emosi dari kalangan umat muslim.[Viva]

 

Komentar Facebook

Berita terkait