PLTA Peusangan 88 MW Ditargetkan Beroperasi Juli 2023

 PLTA Peusangan 88 MW Ditargetkan Beroperasi Juli 2023

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan 1 dan 2 di Aceh Tengah | Foto Detik.com

Jakarta – PT PLN (Persero) menargetkan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Peusangan #1 Powerhouse dapat beroperasi secara komersial atau commercial operation date (COD) pada Juli 2023. Dengan begitu, porsi energi baru terbarukan dalam bauran energi perusahaan setrum pelat merah itu bakal meningkat.


GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Duha menjelaskan proyek berkapasitas 88 Megawatt (MW) ini membentang melintasi sejumlah kecamatan di Aceh Tengah. Saat ini, progres pekerjaan PLTA Peusangan mencapai 89,22%.

Baca juga :  PLN Berpotensi Hasilkan Hampir 1 Miliar Ton Emisi Karbon pada 2060

Adapun, dalam penyelesaian proyek ini, PLN menggandeng empat kontraktor sebagai mitra kerja.


“Rinciannya, untuk power station 1 atau PS 1 berkapasitas 45 MW dan power station 2 sebesar 43 MW. Nah, insyaallah untuk PS 1 selesai Juli 2023 dan PS 2 pada Juli 2024,” ujar Octavianus dalam keterangan tertulis, Jumat (29/4/2022).

Baca juga :  PLN Terangi 6 Desa Terpencil Papua

Menurutnya, PLTA ini merupakan proyek prestisius bagi PLN yang akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Aceh dan akan meningkatkan geliat perekonomian khususnya masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah.

“Jalur transmisi 150 kV Takengon-Bireuen yang telah beroperasi 2019 silam telah meningkatkan keandalan sistem kelistrikan pada saat peak hour serta menggantikan pengoperasian PLTD. Secara ekonomi, meningkatkan iklim investasi khususnya di wilayah Aceh Tengah,” kata dia.

Baca juga :  Kakek di Aceh Cabuli Cucunya yang Masih Berusia 7 Tahun

Pada tingkat provinsi, beroperasinya PLTA Peusangan akan menurunkan biaya pokok penyediaan (BPP) listrik di Aceh karena PLTA Peusangan ini merupakan PLTA pertama di Aceh. Di samping itu, PLTA ini secara nasional berkontribusi terhadap target bauran energi baru terbarukan 23% pada 2025 sesuai target RUPTL.[CNBC Indonesia]

Komentar Facebook

Berita terkait