Pemerintah Anggarkan Rp 34,3 Triliun untuk THR PNS 2022

 Pemerintah Anggarkan Rp 34,3 Triliun untuk THR PNS 2022

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa pemerintah menganggarkan Rp 34,3 triliun untuk pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2022 ini.


Anggaran THR tersebut dialokasikan melalui:

– Kementerian/lembaga dengan total sekitar Rp 10,3 triliun untuk ASN Pusat, TNI, dan Polri.
– Dana Alokasi Umum (DAU) sekitar Rp 15 triliun untuk ASN Daerah (PNSD dan PPPK), “dan dapat ditambahkan dari APBD Tahun Anggaran 2022 sesuai kemampuan fiskal masing-masing pemerintah daerah dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucapnya.
– Bendahara Umum Negara sekitar Rp 9 triliun untuk pensiunan.


Baca juga :  Nissa Sabyan Dikabarkan Sudah Nikah Siri Dengan Ayus

“THR 2022 ini diberikan kepada seluruh aparatur negara dan pensiunan,” ucap Sri Mulyani saat konferensi pers, Sabtu (16/04/2022).

Adapun penerima THR ini antara lain ditujukan untuk:
– Aparatur Negara Pusat: sekitar 1,8 juta pegawai.
– Aparatur Negara Daerah: sekitar 3,7 juta pegawai.
– Pensiunan: sekitar 3,3 juta orang.

Baca juga :  Jokowi Lantik Komisioner KPU & Bawaslu Periode 2022-2027

“Seperti pada tahun sebelumnya, pencairan THR dimulai pada H-10 dari Idulfitri. Dalam hal ini kementerian/lembaga akan mengajukan ke KPPN mulai Senin nanti (18 April 2022) dan dapat dicairkan oleh KPPN sesuai mekanisme yang berlaku,” paparnya.

Baca juga :  Honorer Dikasih Peluang Jadi PNS Sebelum 2023,Ini Syaratnya!

“Dalam hal THR tersebut belum bisa dibayarkan karena masalah teknis sampai hari raya belum THR, kalau ada beberapa kasus belum bisa dilakukan, dapat dilakukan sesudah hari raya. Saya berharap semua bisa dilakukan, sehingga ASN dari pusat dan daerah sudah bisa menerima THR sebelum hari raya,” tuturnya.[CNBC Indonesia]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait