Watchdog Bersama ICW Rilis Film Investigasi Wartawan soal Korupsi

 Watchdog Bersama ICW Rilis Film Investigasi Wartawan soal Korupsi

Jakarta – Rumah produksi yang membuat film dokumenter, Watchdog, bekerja sama dengan Indonesia Corruption Watch merilis film dokumenter berjudul Pewarta Melawan Rasuah. Film berdurasi 28 menit itu menceritakan tentang sejumlah wartawan yang menginvestigasi dugaan korupsi di kala pandemi Covid-19.


“Film ini bukan hanya untuk jurnalis, tapi juga untuk masyarakat,” kata anggota ICW Siti Juliantari dalam acara peluncuran film di Cikini, Jakarta, Selasa, 28 Desember 2021.

Baca juga :  Bank Indonesia Lhokseumawe Juara Turnamen Bola Voli Dandim Cup 2019

Film dibuka dengan kisah Erick Tanjung wartawan Suara.com yang tergabung dalam Klub Jurnalis Investigasi. KJI adalah wadah pelatihan bagi jurnalis berbagai media untuk meliput isu antikorupsi. KJI dibikin oleh ICW. Selain Suara.com, KJI juga berisi Jaring.id, Tempo, Alinea.id dan beberapa media lain.


Baca juga :  Menteri BUMN Sebut Ada Korupsi Terselubung di PTPN dan Minta Diungkap

KJI menginvestigasi dugaan korupsi dalam pengadaan reagen pada saat awal pandemi. Film menceritakan proses Erick menelusuri dugaan korupsi itu, mengumpulkan data dan menuliskannya menjadi sebuah berita.

Film selanjutnya mengambil sosok Lydia wartawan dari Nttterkini.id. Lydia meliput dugaan korupsi pengadaan baju sekolah di Kupang saat pandemi. Pengadaan itu jelas aneh, mengingat semua anak sekolah melakukan belajar dari rumah selama pandemi.

Baca juga :  Kisah Edhy Prabowo Hingga Terbongkarnya Suap

Saat ini, film tersebut belum secara resmi dirilis. Masyarakat bisa menonton film itu di kanal YouTube Sahabat ICW dan Watchdoc mulai 31 Desember 2021.[Tempo]

Komentar Facebook

Berita terkait