Media Thailand Puji Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

 Media Thailand Puji Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Jakarta – Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 usai menyingkirkan Singapura agregat 5-3. Skuad Garuda akan meladeni raja ASEAN, Thailand di partai puncak.


Media Thailand, Siam Sport, menyebut Indonesia mengejutkan. Tampil dengan skuad muda, Indonesia tak disangka-sangka lolos ke semifinal sebagai juara grup B. Di grup itu, ada Vietnam dan Malaysia.

“Mungkin banyak yang mengira Singapura tampil apik di gim kedua babak semifinal dengan menyisakan sembilan pemain dan nyaris membuat Indonesia tersingkir. Dari tendangan penalti pada penghujung pertandingan, namun tembakan pemain Singapura ditepis kiper Indonesia Nadeo,” tulis Siam Sport.


Baca juga :  Rahasia di Balik Kemenangan Shesar Hiren Rhustavito

“Kedua tim harus bertarung satu sama lain selama perpanjangan waktu. Singapura harus bermain dengan 8 pemain setelah kiper Hassan Sunny, kena kartu merah, dan mereka kalah 2-4 pada pertandingan itu.”

Siam Sport menyoroti rataan usia pemain Timnas Indonesia.

“Indonesia, usia rata-rata adalah 23,7 tahun. Pelatih Shin Tae-yong mengirim pemain di bawah 23 tahun untuk kompetisi ini. Ini merupakan kombinasi pemain SEA Games 2019 dengan pemuda berusia 19 tahun.”

Rataan pemain Timnas Indonesia merupakan yang termuda di antara kontestan Piala AFF 2020.

Baca juga :  Lechia Gdansk Pesta Gol

Bagi Timnas Indonesia, ini merupakan final keenam dan belum sekalipun menjadi juara. Sementara Thailand sudah ke-9 kalinya lolos ke partai puncak dan memenangi lima di antaranya.

Indonesia dan Thailand bertemu di final Piala AFF selama tiga kali, yakni pada 2000, 2002, dan 2016.

Thailand memastikan satu tempat di babak final Piala AFF usai bermain imbang 0-0 atas Vietnam pada leg kedua babak semifinal, Minggu (26/12/2021) malam WIB. Thailand pun menang agregat dengan skor 2-0.

Satu haru sebelum Thailand, Indonesia lebih dulu memastikan tempat di final Piala AFF 2020. Timnas Indonesia berjuang sangat gigih pada leg kedua sebelum menang 4-2 atas Singapura. Agregat pertemuan kedua tim menjadi 5-3 untuk Indonesia.

Baca juga :  Benarkah iPhone 13 Sepi Peminat?

Indonesia bisa disebut sebagai ‘kuda hitam’ di Piala AFF 2020. Tapi, tim racikan Shin Tae-yong membuat kejutan besar dengan melaju ke final. Skuad Garuda bahkan belum pernah kalah sejak fase grup.

Sementara, Thailand seperti biasanya adalah unggulan di Piala AFF. Sukses ke final bukan hal yang mengejutkan. Namun, menurut Phitiwat, mereka tidak boleh memandang Indonesia dengan sebelah mata.[Bola]

Komentar Facebook

Berita terkait