Begini Cara Orang Dulu Rayakan Tahun Baru

 Begini Cara Orang Dulu Rayakan Tahun Baru

Jakarta – Momen pergantian tahu di era modern saat ini identik dengan pesta meriah yang disemarakkan kembang api, seringkali sampai pagi. Namun, jika Anda hidup 100 tahun lalu misalnya, Anda akan merasakan perayaan yang benar-benar berbeda. Seperti apa sih?


Lebih dari satu abad lalu, orang-orang di Tennessee, Amerika Serikat tidak menganggap tahun baru sebagai sesuatu yang spesial, setidaknya tidak lebih spesial dari perayaan Natal. Di masa itu, perayaan Natal seperti ‘Christmas Dance’ diselenggarakan sampai Januari. Karena itu, di tanggal 1 Januari, orang-orang masih mengucapkan “Merry Christmas” ke satu sama lain.

Baca juga :  Warganet Heran Ustaz Yusuf Mansur Ngaku Tiap Bulan Bagikan Rp 15 Miliar

Meski tak meriah, tahun baru tetap menjadi momen liburan yang ditunggu. Namun, perayaannya bukan di malam tahun baru, melainkan keesokan harinya. Di masa lampau, orang-orang kaya dan organisasi penting akan menggelar open house di tanggal 1 Januari. Ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk bersosialisasi sekaligus mencari jodoh.


Baca juga :  Hanya Karena Sampah, Wanita ini Tewas Ditikam

Seperti dikutip Visit Knoxville, di pertengahan era 1800-an, gereja-gereja di Amerika menandai malam pergantian tahun dengan membunyikan lonceng. Tepat tengah malam, suara lonceng gereja akan saling bersahut-sahutan menyambut tahun yang baru.

Baca juga :  Kepala Desa Di Aceh Minta Jangan Ada Kebaktian Natal Di Rumah Pribadi

Beberapa gereja di masa itu juga kerap menggelar acara yang dihadiri jemaat yang umumnya anak-anak muda. Mereka akan berdoa dengan khidmat di dalam gereja sampai pergantian tahun.[CNBC Indonesia]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait