Pengamat Intelijen Sebut Gerakan Aceh Merdeka Tembaki TNI – Polri di Aceh

 Pengamat Intelijen Sebut Gerakan Aceh Merdeka Tembaki TNI – Polri di Aceh

Jakarta – Pengamat intelijen dan terorisme dari Universitas Indonesia (UI) Stanislaus Riyanta menduga kuat adanya aksi teror di Aceh, hingga menewaskan seorang anggota TNI yang ditembak orang tidak dikenal (OTK), ditambah adanya aksi penyerangan pos polisi, dilakukan oleh kelompok lama, yakni Gerakan Aceh Merdeka (GAM).


“Kemarin ada pos polisi ditembaki dan TNI (tewas), ada dua sebenarnya peristiwa itu. Memang harus diselidiki ini siapa. Tetapi saya melihat ada situasi di Aceh yang bisa memunculkan atau mengaktivasi kelompok-kelompok lama, dalam arti GAM,” ujar Stanis saat dihubungi, Jumat, 29 Oktober 2021.

Baca juga :  Warga Aceh Utara Temukan Mayat Perempuan

Stanis mencurigai ada momentum yang mengaktivasi kelompok lama tersebut. Menurut dia, hal-hal yang bisa memicu ketegangan konflik di Aceh ialah badai pandemi Covid-19 yang tak kunjung berlalu, hingga menyebabkan tekanan ekonomi rakyat meningkat, juga kondisi politik di Tanah Air yang tidak stabil.


Baca juga :  Anggota TNI Meninggal Ditembak OTK di Aceh

Dia meyakini OTK yang menyerang TNI-Polri bukanlah kelompok teroris.

“Tapi memang melihat pola serangan belum terbaca sebenarnya apa. Cuman yang bisa dibaca adalah sasaran mereka aparat keamanan TNI-Polri, ini yang harus diwaspadai,” ucapnya.

“Kalau TNI-Polri, berarti mereka musuh negara yang biasa berhadapan dengan institusi tersebut, kalau di Aceh adalah GAM. Kelompok yang pernah berhadapan dengan pemerintah, kalau kelompok di Aceh hanya GAM. Saya menduga kelompok lama seperti GAM,” ujar Stanislaus Riyanta.

Baca juga :  Film A Good Man Dan Pemberantasan Mafia

Seperti diketahui, seorang anggota TNI tewas ditembak di Aceh. Prajurit yang bertugas di Kabupaten Pidie, Aceh, dilaporkan meninggal dunia dengan luka tembak, pada Kamis, 28 Oktober 2021. Kemudian, sebuah pos polisi di daerah Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat juga menjadi sasaran berondongan tembakan dari sejumlah orang tidak dikenal, pada Kamis dini hari kemarin.[Kureta]

Komentar Facebook

Berita terkait