Pemerintah Aceh Transfer Dana Otsus Tahap II Dengan Total Rp 647.234.511.076

 Pemerintah Aceh Transfer Dana Otsus Tahap II Dengan Total Rp 647.234.511.076

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh sudah mentransfer bantuan keuangan dana otonomi khusus (otsus) kabupaten/kota tahun 2021 tahap II untuk 15 kabupaten/kota pada Selasa (12/10/2021). Totalnya mencapai Rp 647.234.511.076.


Ke-15 daerah tersebut yaitu Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Tengah, Bener Meriah, Langsa, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Simeulue, Aceh Tenggara, dan Aceh Tamiang.

“Hasil koordinasi dengan BPKA, dari 23 kabupaten/kota, baru 15 kabupaten/kota yang sudah menerima bantuan keuangan dana otsus kabupaten/kota tahun 2021 tahap II,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA kepada Serambi.


Baca juga :  Zona Merah Covid-19 Di Aceh Berkurang

MTA menjelaskan, dana otsus tahap II ditransfer setelah 15 daerah itu merealisasi 50 persen dana otsus tahap I. “Sedangkan delapan daerah lainnya belum bisa ditransfer tahap II karena belum memenuhi syarat,” katanya.

Dari delapan daerah itu, enam daerah diantaranya belum mengirim dokumen usulan tahap II ke BPKA. Sedangkan satu kabupaten dalam proses pencairan dan satu kabupaten lagi belum lengkap dokumen.

Dasar aturan penyaluran dana otsus ke kabupaten/kota diatur dalam PMK Nomor 23 Tahun 2020. Untuk diketahui, pembagian dana otsus antara Pemerintah Aceh dengan pemerintah kabupaten/kota sebesar 60:40.

Baca juga :  Usai Gugat Cerai Karena Perselingkuhan Dengan Nissa Sabyan, Ririe Fairus Tinggalkan Rumah

“Pengelolaan untuk provinsi 60 persen, 40 persen dikelola oleh kabupaten/kota. Pencairannya dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan,” sebut MTA.

MTA menyebutkan, untuk transfer dana otsus tahap I dilakukan setelah pemerintah daerah menyampaikan laporan pertanggungjawaban realisasi dana otsus tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk pengajuan dana otsus tahap II dilakukan setelah realisasi dana otsus tahap I sudah mencapai 50 persen. Lalu, pengajuan tahap III baru bisa dilakukan, jika realisasi dana otsus tahap I dan II sudah 70 persen. “Yang harus diingat, batasan pengajuan dana otsus tahap III paling telat 10 November,” ungkap MTA.

Baca juga :  BNN Berhasil Gagalkan Penyeludupan 324,4 Kilogram Sabu Jaringan Thailand-Aceh

MTA berharap kepada pemerintah kabupaten/kota yang belum menyampaikan dokumen persyaratan penyaluran dana otsus tahap II agar segera menyampaikannya ke BPKA.

“Pemerintah kabupaten/kota agar segera merealisasikan dana otsus sesuai kegiatan yang sudah ditetapkan dalam APBK 2021, sehingga sebelum tanggal 10 November sudah terealisasi minimal 70 persen dari dana otsus tahap I dan II yang sudah diterima masing-masing kabupaten/kota sebagai syarat untuk pencairan dana otsus tahap III dari Kemenkeu,” demikian MTA.[Serambi]

Komentar Facebook

Berita terkait