Kapan Umat Islam Indonesia Bisa Umrah di Arab Saudi Lagi?

 Kapan Umat Islam Indonesia Bisa Umrah di Arab Saudi Lagi?

JAKARTA – Kementerian Agama Republik Indonesia menginginkan agar Pemerintah Kerajaan Arab Saudi segera membuka izin untuk jemaah asal Indonesia beribadah umrah ke tanah suci.


Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief pun mendatangi Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, kemarin. Ia disambut Duta Besar Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi. Pertemuan tersebut guna membahas penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19.

“Kepada dubes, saya menyampaikan bahwa jemaah Indonesia sudah merindukan proses umrah yang indah dan proses haji yang khusyuk. Mereka betul-betul menunggu angin segar yang bisa memberikan kemudahan untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dan haji,” kata Hilman seperti dikutip laman resmi Kemenag, Jumat (8/10/2021).
Menurut dia, Dubes Saudi juga mengutarakan niat pemerintah Saudi untuk membuka izin jemaah Indonesia menunaikan ibadah umrah. Namun, regulasi yang diterapkan sangat ketat sehingga harus dipersiapkan dengan baik demi menjaga kenyamanan dan keamanan jemaah.


Baca juga :  Pemerintah Indonesia Dapat Utang Rp112 Triliun dari Bank Dunia dkk

Hilman juga menyampaikan situasi penanganan Covid-19 di Indonesia terus membaik. Itu artinya tren pandemi di hampir seluruh kota sudah menurun drastis. Kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi juga terus meningkat.

Baca juga :  Indonesia Akan Gandeng China Garap Harta Karun Super Langka

“Harapannya, ini bisa dijaga dengan disiplin agar pandemi terus menurun, keadaan menjadi lebih baik lagi, dan jemaah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk beribadah umrah,” kata Hilman.

Tidak hanya itu, Hilman juga menyinggung soal mitigasi penyelenggaraan umrah di saat pandemi. Menurutnya, perlu ada skema khusus dalam penyelenggaraan ibadah umrah di saat pandemi.

Hingga saat ini, pihaknya masih terus bersinergi dan berkoordinasi dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Kemenkes, Kemenlu, Kemenhub, maskapai penerbangan serta instansi terkait lainnya dalam menyusun mitigasi dan skema penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

Baca juga :  China Ngamuk ke Amerika Serikat, Inggris dan Australia

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat semakin klir dan skema tata cara serta penanganan pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi bisa diterbitkan. Tentu dibutuhkan juga kedisiplinan jemaah dalam menaati prokes,” paparnya.

“Insya Allah, sebagai Dirjen PHU yang baru saya akan berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan dalam waktu dekat agar harapan untuk bisa memberangkatkan jemaah umrah Indonesia bisa kita akselerasi,” lanjutnya.[CNBC Indonesia]

Komentar Facebook

Berita terkait