Korut Tembak Rudal 1500 Kilometer, Ada Apa di Negara Itu?

 Korut Tembak Rudal 1500 Kilometer, Ada Apa di Negara Itu?

JAKARTA – Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali melakukan uji coba rudal jarak jauh. Menurut Reuters, mengutip media setempat KCNA, ini dilakukan selama akhir pekan kemarin.


Rudal-rudal tersebut dikatakan terbang sejauh 1.500 km sebelum mengenai target dan jatuh di perairan territorial negeri Kim Jong Un. Persisnya, rudal ditembakkan Sabtu (11/9/2021) dan Minggu (12/9/2021).
KCNA menyebut tes ini menyoroti ‘kemajuan yang stabil’ dalam program senjata Pyongnyang. Ini juga dilakukan di tengah perayaan hari ulang tahun negeri itu yang ke 73.

Baca juga :  Dalam Sehari, Angka Kematian Akibat Corona di Amerika Mencapai  Angka 4. 491

Media partai Buruh yang berkuasa, Rodong Sinmun, juga memuat laporan foto-foto bagaimana rudal jelajah jarak jauh itu terbang dan ditembakkan. Rudal itu jadi senjata strategis yang telah dikembangkan selama dua tahun terakhir dalam rencana pembangunan lima tahun negeri itu.


Sayangnya, Pemimpin Korut Kim Jong Un tak hadir dalam tes tersebut. Hanya anggota politburo kuat dari Parati Buruh yang datang, Pak Jong Chon.

Baca juga :  Gempa M 5,6 Guncang Aceh

Perlu diketahui, uji coba nuklir ini dilakukan hanya sehari sebelum negosiator Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan Jepang bertemu membahas kebuntuan damai dengan Korut. Negeri Pertapa selama ini menuduh AS dan Korsel selalu membuat ‘kebijakan bermusuhan’ dengan Pyongyang.

Baca juga :  Panwaslih Lhokseumawe Sampaikan Hasil Pengawasan Pemilu 2019

Sebelumnya, pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan terbuka untuk diplomasi dengan Korut. Tapi AS, enggan melonggarkan sanksi.

Ketegangan AS, Korsel dan Korut turun naik seiring aktivitas ketiganya. Juli, Korut mengaktifkan kembali hotline antar Korea yang sebelumnya dihancurkan tahun lalu, untuk memulai negosiasi. Tapi bulan lalu, komunikasi diputus karena peringatan tahunan Korsel-AS yang diiringi dengan Latihan Militer.[CNBC Indonesia]

Komentar Facebook

Berita terkait