Ini Tandanya Kalau Usus Kita Kotor dan Cara Mengatasinya

 Ini Tandanya Kalau Usus Kita Kotor dan Cara Mengatasinya

JAKARTA – Tidak semua makanan yang dicerna dapat keluar dengan semestinya, sebagian sisanya justru menumpuk pada usus. Jika terlalu sering dan banyak menyisakan sampah di dalam tubuh, tentu hal ini akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Namun, karena tidak bisa melihat apakah usus seseorang bersih, berikut ini beberapa tanda bahwa usus sudah mulai kotor.


Bau mulut

Usus yang kotor dapat mempengaruhi timbulnya bau pada mulut. Hal ini disebabkan karena sampah yang belum keluar hingga mengendap di dalam usus mengeluarkan gas yang menimbulkan bau tak sedap.


Baca juga :  Tips Sarapan Sehat, Wajib Konsumsi Serat Setiap Hari

Susah BAB

Susah Buang Air Besar (BAB) memang menjadi tanda utama ketika usus kotor. Banyaknya timbunan sisa makanan dalam tubuh akhirnya membuat perut sakit hingga berujung sembelit.

Jerawat hingga membekas

Timbulnya jerawat hingga bekasnya yang sulit hilang dipercaya sebagai tanda jika usus sudah mulai kotor. Usus kotor ini biasanya disebabkan karena mengkonsumsi makanan berminyak mengandung penyedap rasa, hingga pemanis buatan.

Badan mudah lelah

Timbunan sampah dalam tubuh juga dapat memicu kelelahan. Hal ini dikarenakan makanan sisa dalam tubuh yang mulai terinfeksi oleh jamur dan mengakibatkan sakit hingga nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Baca juga :  Cara Membersihkan Paru-paru, Tips Ampuh untuk Perokok!

Kentut bau busuk

Pada dasarnya memang tidak ada kentut yang berbau wangi, namun tidak semua kentut menimbulkan aroma yang menyengat. Jika sudah tercium bau busuk saat seseorang kentut, hal itu bisa jadi tanda jika usus kotor.

Itulah beberapa tanda usus kotor, lantas bagaimana cara agar dapat membersihkannya? Berikut ini cara yang bisa diterapkan agar usus lebih bersih, beberapa di antaranya ialah dengan banyak mengonsumsi air putih atau air hangat delapan gelas setiap hari. Selain itu, makan makanan sehat serta berserat tinggi seperti buah dan sayur juga dapat membersihkan usus yang kotor.

Baca juga :  Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh, Apa Saja?

Mengonsumsi air garam, yogurt, hingga teh herbal juga dipercaya dapat membersihkan usus dari sisa-sisa sampah pencernaan. Bila sudah menumpuk dan mengakibatkan sembelit, mungkin yang diperlukan ialah meminum obat pencahar atau konsultasi pada dokter.[Beritajatim]

Komentar Facebook

Berita terkait