China Beking Taliban, Beri Rp 442 M

 China Beking Taliban, Beri Rp 442 M

JAKARTA – Hubungan antara China dan kelompok penguasa Afghanistan, Taliban, telah memasuki babak baru. Kali ini, Beijing memutuskan untuk memberikan bantuan dana sebesar US$ 31 juta atau setara Rp 442 miliar kepada Negeri Asia Tengah itu.


Mengutip CNN International, juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China Hua Chunyin menyebut bantuan berupa makanan, pasokan musim dingin, obat-obatan dan vaksin virus corona. Dilaporkan Negeri Panda akan memberikan tiga juta dosis vaksin segera ke Kabul.

Baca juga :  Ini Jurusan untuk Formasi CPNS 2019 di Lhokseumawe

“Untuk penggunaan darurat bagi rakyat Afghanistan,” ujarnya dalam sebuah pernyataan di forum pertemuan Menlu negara tetangga Afghanistan, diberitakan Kamis (9/9/2021).


Hal ini juga dibenarkan Menlu China Wang Yi, di mana vaksin akan diangkut dalam satu gelombang. Meski begitu, belum dijelaskan secara rinci kapan vaksin-vaksin itu akan tiba.

Baca juga :  Kisah Barongsai Di Indonesia

China sendiri sudah mengadakan komunikasi intens dengan Taliban. Bahkan pemerintah pimpinan Presiden Xi Jinping itu pernah berdiskusi dengan kelompok tersebut dalam sebuah pertemuan 28 Juli lalu Tianjin, beberapa hari sebelum Kabul diambil alih 15 Agustus.

Dalam pertemuan itu, China berharap ke Taliban untuk memainkan peran penting dalam mengakhiri perang di Afghanistan. China ingin Taliban membangun kembali negara itu dari kekacauan, memerangi potensi terorisme yang juga mengancam wilayah China, Xinjiang.

Baca juga :  Nanti Malam, Film The Expendables 3 Tayang di Trans TV

Beberapa analis menganggap hubungan baik antara China dan Taliban ini dikarenakan kepentingan ekonomi Beijing yang sangat besar Afghanistan sendiri memiliki banyak sumber daya alam yang belum dieksploitasi seperti tembaga, batu bara, kobalt, merkuri, emas, dan lithium, ditaksir senilai lebih dari US$ 1 triliun.[CNBC Indonesia]

Komentar Facebook

Berita terkait