Program Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Begini Cara Daftar

 Program Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Begini Cara Daftar

Samudrapost – Program Kartu Prakerja gelombang ke 18 resmi dibuka, maka untuk mendaftarnya maka bisa langsung mengakses situs prakerja.go.id.


Denni Puspa Purba merupakan sebagai Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyebutkan, program tersebut merupakan sebagai salah satu bentuk usaha pemerintah, dalam membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Pemerintah sangat memahami apa yang sedang dihadapi oleh masyarakat saat sekarang ini akibat pandemi Covid-19 dan berharap masyarakat bisa tetap tangguh,” ujar Denni, Senin, 16 Agustus 2021.


Program Kartu Prakerja tersebut merupakan terbuka bagi seluruh Warga Negeri Indonesia yang telah berusia 18 ke atas, apakah mereka pencari kerja, lulusan baru, korban PHK dan juga sebagai karyawan, serta pelaku usaha yang tidak sedang mengikuti pekerjaan formal.

Program itu telah berjalan selama 16 bulan da nada 8,28 juta perserta yang telah menerima manfaat dari Program Kartu Prakerja dalam 17 gelombang pendaftaran. Apabila dirincikan maka 80 persen merupakan sebagai menganggur, 59 persen dari perdesaan, 47 persen perempuan, 2,3 persen purna pekerja migrn Indonesia dan 3,6 persen difabel.

Baca juga :  Kronologis Kepala Desa Di Aceh Minta Jangan Ada Kebaktian Natal Di Rumah Pribadi

Maka pada tahun 2021, dalam program Kartu Prakerja tersebut akan memberikan bantuan kepada 2,8 juta penerima, tentunya nanti akan terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran.

Menjadi pertanyaannya, bagaimana cara mendaftar Program Kartu Prakerja tersebut, maka bisa langsung mengakses laman www.prakerja.go.id dan ikut perkembangan informasinya di Instagram @prakerja.go.id.

Dibawah ini merupakan cara mendaftar Program Kartu Prakerja:

  1. Bukan laman prakerja.go.id
  2. Isikan data diri atau identitas anda, sesuai dengan petunjuk di layar agar bisa menyelesaikan pembuatan akun
  3. Kemudian siapkan alat tulis untuk ikut tes Motivasi dan Kemampuan Dasar
  4. Kemudian silahkan adan klik “Gabung” di gelombang sedang dibuka
  5. Anda nantinya akan diberitahu informasi apakah lolos seleksi melalui SMS
Baca juga :  Pemko Lhokseumawe Akan Bangun Ruang IGD Di Lokasi Penampungan Rohingya

Program Kartu Prakerja adalah program dari pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, bahkan juga bagi warga yang belum bekerja atau telah kehilangan pekerjaannya selama pandemi.

Bagi yang telah lolos program itu, nantinya akan mendapatkan dana sebesar Rp 3,55 juta.

Nantinya dana yang sebesar Rp 1 juta, diperuntukkan membeli paket pelatihan oline, paket tersebut harus dibeli secepatnya dan tidak boleh lewat dari 30 hari setelah usai menerima informasi lolos dari SMS.

Ketika telah selesai mengikuti pelatihan, maka anda akan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, sehingga perserta juga mendapatkan anggaran sebesar Rp 600 ribu dalam setiap bulannya.

Dana itu disalurkan dalam waktu empat bulan dan juga mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 150 ribu selama tiga kali survey.

Baca juga :  Ada Situs Pra Kerja Tandingan, Semua Serba Gratis

Pragram Kartu Prakerja tersebut pertama sekali dibuka pada tanggal 11 April 2020, tujuan utama dari Pragram Kartu Prakerja adalah untuk mengurangi pengangguran selama Pandemi Covid-19.

Sebagaiman diketahui, Kartu Prakerja merupakan sebagai salah satu poin janji Presiden Joko Widodo di kala Pemilihan Presiden pada tahun 2019 lalu, maka pengangguran bisa mendapatkan isentif, serta diberikan pelatihan gratis.

Sejak awal dilaunching program Kartu Prakerja tersebut, maka masyarakat sangat antusias untuk mendaftarnya, bahkan terhitung sejak tanggal 17 September 2020, maka sudah ada 23,8 juta peserta.

Namun kala itu memang sempat dihentikan, hal tersebut dilakukan oleh pemerintah untuk mengatur dan memperbaiki tata kelola program Kartu Prakerja tersebut, sehingga sejumlah lembaga seperti KPK, BPK, Kejaksaan Agung dan LKPP diminta untuk melakukan review.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+