Dinkes Lhokseumawe Ajak Warga Kenali Gejala TBC

 Dinkes Lhokseumawe Ajak Warga Kenali Gejala TBC

Lhokseumawe – Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, mengajak masyarakat untuk mengenali gejala penyakit Tuberkulosis (TBC), karena penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja dan selalu berada disekitar kita.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar mengatakan, diperlukan juga untuk meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat tentang perlunya mengenali gejala TBC, serta urgensi pengobatan sampai sembuh sehingga tidak berpotensi menularkan penyakitnya pada orang lain.

Baca juga :  Strategi  Pemko Lhokseumawe Menangani Pendemi  Covid-19

“Seseorang diduga TBC itu ditandai dengan gejala batuk yang terus-menerus. Seringkali disertai berkurangnya nafsu makan sehingga berat badan menurun, kadang-kadang sesak nafas, dan berkeringat saat malam hari meski tidak sedang melakukan aktifitas,” ujar Said, Selasa (31/8/2021).


Said menambahkan, risiko penularan TBC cukup besar pada kelompok orang yang tinggal di tempat tinggal yang tidak memenuhi syarat kesehatan, seperti lingkungan padat dan lingkungan yang sanitasinya tidak terjaga, tempat pendidikan dengan asrama, rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan.

Baca juga :  Warga Lhokseumawe Bisa Periksa HIV/AIDS di Puskesmas

Bagi pasien yang sedang menjalani pengobatan, maka agar selalu semangat dan bersabar dalam menjalani proses pengobatan TBC yang panjang, demi kesembuhan, serta harus selalu mengikuti anjuran pengobatan dari dokter.

Baca juga :  Dinkes: Pentingnya Peran Keluarga dan Masyarakat Kendalikan Gangguan Kesehatan Jiwa

‘”Semangat pasien untuk patuh mengikuti anjuran pengobatan serta ditunjang oleh dukungan keluarga dan motivator sangat menentukan keberhasilan pengobatan”, tutur Said.

Said juga mengajak seluruh masyarakat untuk untuk lebih memberikan perhatian dan mengambil peran dalam upaya pencegahan, penemuan kasus, dan pengobatan TBC. Sejumlah layanan kesehatan juga terus dioptimalkan.

“Mari kita semua mengambil peran,” kata Said. [Adv]

Komentar Facebook

Berita terkait