Danlanal Pimpin Upacara Pembukaan Penerimaan Calon Peserta Seleksi Bintara dan Tamtama TNI AL

 Danlanal Pimpin Upacara Pembukaan Penerimaan Calon Peserta Seleksi Bintara dan Tamtama TNI AL

Lhokseumawe – Komandan TNI AL Lanal Lhokseumawe Letkol Marinir Dian Suryansyah memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Penerimaan Calon Peserta Seleksi Prajurit Bintara dan Tamtama TNI AL Tahun 2021 yang berlangsung di Lapangan Markas Komando (Mako) Lanal Lhokseumawe, Senin (23/8/2021).


Penyelenggarakan kegiatan Penerimaan Calon Bintara (Caba) Pria dan Tamtama Tahun 2021 ditingkat Panitia Daerah (Panda) Lhokseumawe ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan prajurit TNI AL sebagai pengawak Kapal Perang dan Pasukan Marinir.

Kesempatan ini diperuntukkan bagi warga Negara Indonesia yang secara sukarela dan berniat mengabdi kepada negara dan bangsa melalui TNI AL.


Danlanal Lhokseumawe Letkol Marinir Dian Suryansyah mengatakan, dalam kesempatan ini diberikan tugas oleh Pimpinan TNI AL, Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. sebagai salah satu Panitia Daerah (Panda) untuk melaksanakan proses penerimaan putra daerah di wilayah kerja Lanal Lhokseumawe.

Adapun proses pendaftaran, tidak dipungut biaya apapun dan hasil penerimaan tingkat daerah ini tentunya akan diproses ulang ditingkat pusat sebelum dinyatakan lolos untuk mengikuti pendidikan pertama.

Namun untuk memenuhi kriteria yang ditentukan, tentunya harus melalui seleksi ketat secara administrasi, psikologi, kesehatan mental ideologi dan kesegaran jasmani sehingga calon yang terpilih nantinya benar-benar merupakan prajurit terbaik yang memiliki kriteria dengan nilai kelulusan memenuhi persyaratan.

Letko Mar Dian juga menyebutkan, calon prajurit yang mendaftar meningkat tahun ini dari sebelumnya terdaftar 60 orang. Tahun ini bisa terdaftar sampai dengan 96 Bintara dan 26 Tamtama.

Baca juga :  TNI AL Lhokseumawe Bagikan Masker Gratis

Besar harapannya tahun depan animo (keinginan yang kuat) semakin meningkat, karena persentase pengiriman tergantung dari animo. Makin besar animo yang mendaftar, maka semakin besar kesempatan pengiriman dari Lanal Lhokseumawe ke Pusat.

Danlanal juga mengungkapkan, siap menampung anak-anak atau pemuda Aceh khususnya yang kurang mampu, untuk nginap dan dibina di Lanal Lhokseumawe. Dimana kita juga menyediakan mess secara gratis untuk anak-anak, namum tentunya ini merupakan hasil seleksi kita berikan kesempatan kepada mereka yang lewat seleksi.

“Jadi secara tinggi dia (calon prajurit) memenuhi syarat, secara pendidikan dan fisik juga memenuhi syarat, maka dikasih kesempatan tinggal di mess Lanal untuk melakukan latihan intensif, kurang lebih sekitar 2 sampai 3 bulan. Diharapakan setelah mendapatkan latihan ini mereka memiliki gambaran tentang apa yang akan di hadapi saat tes”, ungkap Danlanal Letkol Mar Dian.

Kemudian mereka memiliki cara melatih yang benar untuk mempersiapkan diri mengikuti tes pada masa tes berikutnya. Sehingga angka kegagalan bisa menurun, anak-anak jauh lebih siap, baik secara jasmani, baik kesemaptaan, kesehatan maupun kemampuan psikologi.

Karena mendaftar seorang prajurit TNI AL tentunya kesemaptaan, jasmani, kesehatan maupun psikologi harus sesuai dengan yang dimiliki Angkatan Laut. Jangan sampai nanti anak-anak belajar, yang lain pada tes nya tidak ada hubungnya apa yang dia persiapkan.

Kalau bisa tahun depan, bisa dua kali lipat yang mendaftar dari tahun ini, sehingga nanti pengiriman juga bisa meningkat dua kali lipat. Diharapkan juga ada perwakilan tiap-tiap dari Pos TNI Angkatan Laut (Posal), yang mana TNI AL Lanal Lhokseumawe memiliki 10 pos yang tersebar dari Sigli, Pidie sampai dengan Aceh Tamiang. Sehingga anak-anak ini bisa mewakili daerahnya masing-masing.

Baca juga :  Selebgram Cantik Jess Amalia Unggah Foto Dukung Persija

Danlanal juga mengatakan, dalam rangka meningkatkan animo (keinginan yang kuat) tahun ini kita sudah merubah strategi, yang tadinya kita menunggu dari anak-anak yang mau mendaftar di Mako Lanal. Namun setelah kita memahami situasi di lapangan masih kurangnya pengetahuan anak-anak tentang apa itu Angkatan Laut, dan bagaimana cara masuk tes Angkatan Laut.

Sehingga, saya (Danlanal) pun mengintruksi kepada seluruh personil TNI Angkatan Laut Lanal Lhokseumawe, yang berada di Posal-Posal mulai dari Pidie sampai Aceh Tamiang, untuk berkoodinasi erat dengan Forkopimda, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, kemudian perangkat Gampong atau Geuchik, Tokoh Masyarakat bahwasanya TNI Angkatan Laut sedang membuka seleksi Penerimaan Calon Bintara (Caba) Pria dan Tamtama.

“Kedepan akan dibuka seleksi masuk Taruna AAL (Akademi Angkatan Laut), mereka yang ada di posal-posal sudah kita latih untuk membantu pemuda-pemuda yang ada di wilayah sektor kerjanya untuk mendaftar secara online. Kemudian mereka sudah kita lengkapi brosur-brosur, sehingga pada saat anak-anak ini mendaftar langsung bisa di edukasi bagaimana cara mendaftar, langsung bisa di giring bagaimana cara mendaftar online.

Baca juga :  Ini Foto TNI AL Lhokseumawe Bagikan Masker Gratis

Apabila tidak memilik jaringan internet, saya juga minta kepada para Komandan Posal (Danposal), untuk bisa berkoordinasi dengan lembaga pendidikan, seperti sekolah-sekolah, SD, SMP yang memiliki fasilitas jaringan internet untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak ini, agar bisa melaksanakan pendaftaran secara Online”, pinta Letkol Marinir Dian.

Oleh karena itu, kepada seluruh jajajaran Angkatan Laut di posal-posal mereka juga harus aktif. Tahun ini sudah aktif melaksanakan pemasangan banner, pamplet-pamplet, pembagian brosur ke sekolah-sekolah, kemudian pemutar profil TNI AL dan cara-cara pendaftaran seleksi masuk TNI AL di video-video tron yang dimiliki oleh kota maupun kabupaten.

“Alhamdulillah, tahun ini kita bisa meningkat dan kedepan kita lebih tingkatkan lagi untuk publikasi dan sosialisasi tes ini. Saya pun sudah berkomunikasi langsung dengan beberapa pejabat daerah, harapannya kedepan unsur daerah pun sangat mendukung kegiatan ini”, ungkap Danlanal.

Kepada anak-anak yang sudah terlatih, baik dari Pramuka Saka Bahari maupun dari Paskibra, dan juga hasil informasi sekolah yang diberikan, tentang beberapa anak yang memilik prestasi. Nanti kita kumpulkan biodatanya, terus nanti akan kita lihat cek fisik mereka masing-masing.

Apabila fisik mereka memenuhi syarat, kesehatan mereka juga memenuhi syarat, maka kita undang untuk mengikuti latihan di Mako Lanal. Danlanal juga berharap, tahun depan animo (keinginan yang kuat) semakin meningkat dan tingkat kelulusannya pun semakin besar, pungkas Letkol Marinir Dian Suryansyah.

Komentar Facebook

Berita terkait