Apakah Uang Rp 75.000 Bisa Transaksi?

 Apakah Uang Rp 75.000 Bisa Transaksi?

Jakarta – Pecahan uang Rp 75.000 bisakah untuk transaksi? uang Rp 75.000 ini resmi dikeluarkan oleh Bank Indonesia, saat memperingati Kemerdekaan 75 Tahun RI atau uang khusus dengan pecahan Rp 75.000.


Menjadi  pertanyaannya apakah uang Rp 75.000 ini bisa bertransaksi?

Melalui akun Instagram @bank_indonesia disebutkan bahwa, uang Rp 75.000 itu merupakan sebagai pembayaran yang sah dan masyarakat tidak perlu ragu dengan uang itu dan bisa bertransaksi.


Baca juga :  Film I Am Wrath, Ketika Mantan Agen Black Ops Ingin Balas Dendam

Hal tersebut juga telah diamanahkan dalam Pasal 23 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang yang berbunyi, “setiap orang dilarang menolak menerima rupiah yang penyerahannya dimaksudkan sebagai pembayaran”.

Uang Rp 75.000 itu resmi dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada Senin, 17 Agustus 202, dengan tema dan nilai filosofi dari uang itu adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Baca juga :  Nikita Mirzani Buka Celana Di Depan Pria Ganteng Ini

Pada lembar mukan, maka terlihat foto sang Proklamator Indonesia, Sukarno dan Mohammad Hatta dan juga terlihat capaian pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka.

Begitu juga pada sisi belakangnya terkandung makna filosofi kebhinekaan, terlihat pula anak-anak memakai pakaian adat, mulai dari barat hingg timur Indonesia dan terlihat pula satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

Baca juga :  Yusnidar, Janda 9 Anak: Allah SWT mengutus Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman

Mengapa uang Rp 75.000 disebut sebagai uang khusus, karena dikeluarkan oleh Bank Indonesia saat memperingati peristiwa dan tujuan tertentu, sehingga nilai nominal berbeda dengn nilai jual. Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, telah mengamanahkan tentang percetakkan uang edisi khusus.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+