9 Obat Alami untuk Mengentalkan Sperma

 9 Obat Alami untuk Mengentalkan Sperma

Peneliti menyebutkan bahwa infertilitas atau ketidaksuburan terjadi pada satu dari enam pasangan dan satu dari tiga kasus disebabkan oleh masalah kesuburan pada pasangan pria. Masalah kesuburan ini biasa ditandai dengan cairan sperma yang encer, sedangkan sperma yang sehat memiliki teksur yang kental setelah ejakulasi dan berubah encer dalam 10-15 menit.

Pada sebagian kasus infertilitas tidak selalu dapat diobati, tetapi ada beberapa hal yang patut dicoba untuk mengentalkan sperma dan meningkatkan kesuburan, seperti diet sehat, mengonsumsi suplemen, dan gaya hidup sehat lainnya.

Berikut di bawah ini adalah 10 cara yang dapat dilakukan untuk mengentalkan sperma untuk meningkatkan kesuburan pada pria.

1. Mengonsumsi suplemen asam D-aspartat
Asam D-aspartat (D-AA) adalah bentuk asam aspartat yaitu sejenis asam amino yang dijual sebagai suplemen makanan. Penelitian menemukan bahwa suplemen D-AA dapat meningkatkan kadar testosteron yaitu hormon reproduksi yang berperan penting dalam kesuburan pria. Suplemen D-AA dapat meningkatkan kesuburan pada pria dengan kadar testosteron rendah, sedangkan suplemen ini tidak begitu efektif pada pria dengan kadar testosteron yang normal hingga tinggi.

Baca juga :  Ini Rahasia Menghilangkan Lemah di Perut

2. Rutin berolahraga
Rajin berolahraga terbukti dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan. Pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik daripada pria yang jarang bergerak. Namun, terlalu banyak olahraga berpotensi mengurangi kadar testosteron. Oleh karena itu, berolahraga secukupnya saja dan jadikan aktivitas fisik sebagai prioritas utama.

3. Asupan vitamin C dan D yang cukup
Selain berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Penelitian yang dilakukan pada pria tidak subur menemukan dengan mengonsumsi suplemen vitamin C sebanyak 1.000 miligram (mg), dua kali sehari selama 2 bulan, dapat meningkatkan motilitas sperma sebesar 92% dan jumlah sperma lebih dari 100%. Sementara vitamin D bermanfaat untuk kesuburan pria dan wanita karena dapat meningkatkan kadar testosteron.

4. Hindari stres
Studi menemukan bahwa stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan berdampak buruk pada tingkat kesuburan. Stres yang berkepanjangan meningkatkan kadar kortisol yang memiliki efek negatif pada testosteron. Saat kadar kortisol naik, maka kadar testosteron pun cenderung turun.

Baca juga :  Ini Jadwal Belajar di TVRI Selama Akhir Pekan

5. Mengonsumsi ramuan tanaman rujak polo atau tribulus terrestris
Tanaman tribulus terrestris atau dikenal juga sebagai rujak polo adalah ramuan obat yang sering digunakan untuk meningkatkan kesuburan pria. Sebuah studi menemukan, pria dengan jumlah sperma rendah mengalami peningkatan fungsi ereksi dan libido setelah mengonsumsi 6 gram akar tribulus, dua kali sehari selama 2 bulan.

6. Minum suplemen dengan kandungan kelabat atau fenugreek
Fenugreek (Trigonella foenum-graecum) atau kelabat adalah ramuan obat herbal yang dapat mengatasi masalah kesuburan pada pria. Pernyataan ini terbukti dengan studi yang dilakukan pada 60 pria sehat yang mengonsumsi 600 mg Testofen. Testofen adalah suplemen yang terbuat dari ekstrak biji fenugreek dan mineral. Dengan mengonsumsi Testofen setiap hari selama 6 minggu dapat meningkatkan libido dan kinerja seksual.

7. Asupan zink yang cukup
Zink adalah mineral penting yang terkandung dalam makanan hewani, seperti daging, ikan, telur dan kerang. Studi observasional menemukan bahwa pria dengan asupan zink yang rendah memiliki kadar testosteron yang rendah, kualitas sperma yang buruk, dan berisiko tinggi mengalami infertilitas.

Baca juga :  Aksi Demo Lanjutan Massa "IKBAL" di Depan Pintu Eks Kilang LNG Arun

8. Mengonsumsi ginseng india atau ashwagandha
Ashwagandha (Withania somnifera) atau ginseng india adalah ramuan obat herbal asal India. Sebuah penelitian menemukan, pria dengan jumlah sel sperma rendah mengalami peningkatan kesuburan yang signifikan setelah rutin mengonsumsi 675 mg ekstrak akar ashwagandha setiap hari selama 3 bulan. Ginseng india juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar testosteron.

9. Mengonsumsi akar maca
Akar Maca adalah tanaman herbal dari Peru. Suplemen yang mengandung ekstrak akar maca dapat meningkatkan libido dan kesuburan pada pria. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa mengonsumsi 1,5-3 gram akar maca kering selama 3 bulan terbukti dapat meningkatkan hasrat atau libido seksual. Akar maca juga dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma pada pria sehat.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+