Dinkes Lhokseumawe: Pasien TBC Harus Waspadai Covid-19

 Dinkes Lhokseumawe: Pasien TBC Harus Waspadai Covid-19

Lhokseumawe – Pasien yang menderita penyakit Tuberkulosis (TBC), maka harus mewaspadai Covid-19, karena kedua penyakit tersebut sama-sama menyerang pernapasan, yang bisa menular melalui perckan atau droplet.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr Said Alam mengatakan, untuk pasien TBC yang dalam masa pengobatan, maka  harus minum obat teratur dan tetap menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, peran komunitas sangatlah penting dalam skema pengobatan TBC.

Baca juga :  Jalani Hubungan LDR dan Selalu Pakai Kondom, Suami Curiga Lihat Istrinya Hamil

“Karena daya tahan tubuh dan kondisi paru mereka juga lebih rentan terinfeksi, maka harus lebih mewaspadai,” ujar Said alam, Senin (19/7/2021).


Said Alam menambahkan, penularan TBC dan Covid-19 ini berdekatan atau mirip. Berbagai sumber daya yang sudah ada di manajemen pelayanan TBC bisa dimanfaatkan untuk penanganan COVID-19.

Baca juga :  Luna Maya Menikah Dengan Berondong 26 Tahun

Maka untuk jangka panjang ke depannya, investasi pada berbagai sumber daya penanganan COVID-19 saat ini, sangat memungkinkan bisa digunakan untuk mendukung pelayanan TBC agar semuanya lebih maksimal.

Baca juga :  Sadis, Kim Jong Un Pernah Menembak Sampai Hancur Pejabat Tingginya

“Beberapa gejala TBC seperti batuk, demam, dan merasa lemas juga dialami pasien COVID-19,” tutur Said Alam.[]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait