Dinkes Lhokseumawe: Kenali Gejala Stroke Sejak Dini

 Dinkes Lhokseumawe: Kenali Gejala Stroke Sejak Dini

Ilustrasi

Lhokseumawe – Dinas Kesehatan Kota Lhoskeumawe, mengajak masyarakat untuk mengenali gejala stroke sejak dini, sehingga bisa dilakukan penanganan secara cepat agar kondisi kesehatan tidak semakin buruk.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar mengatakan, penyakit stroke bisa menyebabkan kematian, maka harus diketahui gejalanya sejak dini, agar bisa dilakukan penanganan medis.

Baca juga :  Besok, Perbakin Lhokseumawe Gelar Lomba Menembak

“Penyakit Kardioserebrovaskuler seperti stroke dan penyakit jantung koroner dapat dicegah dengan mengubah perilaku yang berisiko seperti penggunaan tembakau, diet yang tidak sehat dan obesitas, kurang aktivitas fisik dan penggunaan alkhohol,” ujar Said Alam, Rabu (30/6/2021).


Said menambahkan, untuk mencegah stroke berdampak buruk, perlu mengetahui gejala-gejala yang biasanya terjadi pada penderita dan gejala tersebut secara umum memang dialami oleh penderita.

Baca juga :  Satpam Ini Positif Corona, Malah Pulang Kampung

Gejala-gejala itu antara lain, senyum tidak simetris, atau moncong ke satu sisi, tersedak, dan sulit menelan air minum secara tiba-tiba, gerak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba, biasanya tubuh bagian kanan, tTiba-tiba tidak dapat berbicara, kata-katanya tidak dimengerti, dan bicara tidak nyambung.

Baca juga :  Yuk Nonton Film Baywatch Malam Ini Di Bioskop Trans TV

“Kebas atau baal, dan kesemutan separuh badan, rabun, pandangan satu mata kabur terjadi tiba-tiba, sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan tidak pernah dirasakan sebelumnya. Gangguan fungsi keseimbangan seperti terasa berputar dan gerakan sulit dikoordinasi, itu merupakan sebagai gejalanya,” tutur Said.[AG]

Komentar Facebook

Berita terkait