Dinkes Lhokseumawe Berupaya Untuk Kesehatan Lansia

 Dinkes Lhokseumawe Berupaya Untuk Kesehatan Lansia

Lhokseumawe – Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe akan melakukan tiga hal bagi kalangan lansia di kota tersebut, tujuannya agar bisa menikmati hari tua dengan nyaman dan kesehatan yang optimal.


Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Elizar mengatakan, pihaknya terus berupaya agar kalangan lansia memiliki fisik dan mental yang sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit, serta masih mampu memberi manfaat bagi keluarga dan masyarakat.

“Perlu dilakukan gerakan yang masif memasyarakatkan ”Kelanjutusiaan Sehat atau Healthy Aging” agar seluruh masyarakat dapat melalui proses menua dengan sehat dan memiliki kualitas hidup yang tinggi,” ujar Elizar, Selasa (1/6/2021).


Baca juga :  Dinkes Lhokseumawe Ajak Masyarakat Budayakan Germas

Elizar menambahkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), maka tahun 2019 penduduk lanjut usia sebesar 9,6 persen akan menjadi 16,77 persen pada tahun 2035. Maka harus memiliki kualitas hidup yang baik.

Seiring terjadinya proses menua, juga terjadi proses degeneratif secara alami yang tidak dapat dihindarkan. Tubuh akan mengalami kemunduran fisik, kognitif, dan psikis, sehingga sangat penting untuk menjaga kondisi Lansia tetap sehat selama mungkin.

Baca juga :  Museum Negeri Provinsi Aceh Tuan Rumah Pameran Nasional Alat Musik Tradisional

“Hal tersebut juga sejalan dengan berbagai komitmen global, kebijakan kesehatan lanjut usia telah tertuang sebagai salah satu indikator dalam RPJMN dan Renstra Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024,” tutur Elizar.

Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe mengajak semua kalangan untuk melakukan tiga hal, yaitu Meningkatkan kerjasama baik lintas program, lintas sektor, akademisi, dunia usaha, organisasi masyarakat, serta pihak lainnya dalam upaya peningkatan kesehatan lansia.

Baca juga :  Wali Kota Lhokseumawe Berikan Dana Bagi Pasien ODP Rp 200 Ribu Per Hari

Menggaungkan pelaksanaan GERMAS dimulai dari keluarga, serta mendorong lintas generasi yang peduli dan sayang kepada lansia serta mempersiapkan dirinya menjadi lansia yang SMART.

“Kita terus berupaya agar kalangan lansi Lhokseumawe bisa hidup sehat,” kata Elizar.[Adv]

Komentar Facebook

Berita terkait