Berat Badan Ideal Bantu Cegah Diabetes

 Berat Badan Ideal Bantu Cegah Diabetes

Lhokseumawe – Menjaga kestabilan berat badan, atau berat badan ideal, maka salah satu cara untuk mencegah terjadinya diabetes melitus, serta lakukan pemeriksaan berkala agar bisa mengetahui apabila ada gejala penyakit itu.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar mengatakan, salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes adalah obesitas yang tidak segera ditangani. Pada pasien prediabetes, ditandai dengan gula darah yang naik.

Baca juga :  Puluhan Warga Aceh Disuruh Bersihkan Sampah Karena Tidak Pakai Masker

”Kalau kondisi ini didiamkan, maka cepat atau lambat orang yang mengalami obesita itu akan terjadinya diabetes,” ujar Said Alam, Senin (22/62021).


Said menambahkan, pencegahan primer penting untuk segera dilakukan secepatnya, sejak prediabetes bahkan diabetes agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti komplikasi jantung.

Baca juga :  Ingat, PPKM  Level 4 Diperpanjang

Salah satu upaya pencegahan primer adalah dengan mencapai berat badan ideal. Dalam salah satu studi menyebutkan, dengan penurunan berat badan sekitar 6,5% setelah 4 minggu diet rendah kalori, hasilnya tekanan darah, gula darah dan kolesterol turun.

Baca juga :  Chelsea Vs Crystal Palace Live MNC TV Malam Ini, Kans Lukaku Tunjukkan Taji

“Paling penting adalah mengelola pola hidup, jangan lupa rutin melakukan aktivitas fisik, jaga pola makan dan melakukan pemeriksaan dini,” tutur Said.[AG]

Komentar Facebook

Berita terkait