Dinkes: Pentingnya Deteksi Dini Untuk Cegah Diabetes Pada Anak

 Dinkes: Pentingnya Deteksi Dini Untuk Cegah Diabetes Pada Anak

Lhokseumawe – Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe merilis laporan, pentingnya untuk melakukan deteksi dini, sehingga bisa melakukan pencegahan terjadinya diabetes pada anak, karena penyakit tersebut tidak hanya menyerang orang dewasa.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar mengatakan, Diabetes Melitus merupakan sebagai penyakit kronis, yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin.

Baca juga :  Biden Bawa Kabar Baik Buat Pekerja Asing di AS

“Menjadi persoalan saat ini adalah, sebagian besar penderita diabetes mellitus, tidak menyadari kalau dirinya sedang terserang penyakit itu, karena disebabkan kurangnya kesadaran penderita melakukan kontrol secara berkala,” ujar Said Alam, Jumat (21/5/2021).


Said Alam menambahkan, penyakit diabetes melitus tersebut, tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi anak-anak juga bisa terserang, karena tersebut berkaitan erat dengan pola hidup kurang sehat, seperti pola makan tidak tepat, kurang aktivitas fisik, obesitas, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Baca juga :  Orang Gila Di Aceh Rusak Sejumlah Mobil

Bahkan ada yang berangapan kalau anak gemuk identik dengan sehat ataupun lucu. Padahal, kondisi tersebut justru dapat memicu timbulnya masalah kesehatan bagi anak. Diabetes yang terjadi pada anak dapat dikenali melalui beberapa gejala.

Baca juga :  Terbukti Korupsi, Kepala Desa di Aceh Divonis 4 Tahun Penjara

“Gejala tersebut adalah sering buang air kecil atau sering mengompol, mudah lelah, serta sering banyak makan dan minum namun berat badan turun. Jika anak sudah mengalami beberapa gejala tersebut sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk bisa dilakukan pemeriksaan,” tutur Said.[AG]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait