Dinkes Lhokseumawe Imbau Untuk Pemberian ASI Ekslusif

 Dinkes Lhokseumawe Imbau Untuk Pemberian ASI Ekslusif

Lhokseumawe – Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe mengimbau kepada kalangan ibu hamil agar memberikan ASI ekslusif, khususnya pada bayi yang berusia berusia 0-6 bulan. Pemberian ASI merupakan pemenuhan hak bagi setiap ibu dan anak.


Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Puspa Wati, mengatakan, anak yang mendapatkan ASI Eksklusif dan pola asuh yang tepat akan tumbuh dan berkembang secara optimal dan tidak mudah sakit.

Baca juga :  Dinkes: Pentingnya Deteksi Dini Untuk Cegah Diabetes Pada Anak

“Selain itu, pemberian ASI mampu mempererat ikatan emosional antara ibu dan anak sehingga diharapkan akan menjadi anak dengan ketahanan pribadi yang mampu mandiri,” ujar Puspa Wati, Rabu (12/5/2021).


Puspa Wati menambahkan, menyusui merupakan salah satu investasi terbaik untuk kelangsungan hidup dan meningkatkan kesehatan, perkembangan sosial, serta ekonomi individu. Angka kematian bayi menjadi salah satu indikator penting untuk mengetahui derajat kesehatan di suatu negara, dan bahkan untuk mengukur tingkat kemajuan suatu bangsa.

Baca juga :  Dinkes: Pentingnya Peran Keluarga dan Masyarakat Kendalikan Gangguan Kesehatan Jiwa

Salah satu cara untuk menekan angka kematian bayi adalah dengan memberikan makanan terbaik, yaitu air susu ibu (ASI). Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dapat mengurangi hingga 13 persen angka kematian balita.

“Berdasarkan data dari The Global Breastfeeding Collective, pada 2017 menunjukkan bahwa satu negara akan mengalami kerugian ekonomi sekitar $300 milyar pertahun akibat rendahnya cakupan ASI Eksklusif,” tutur Puspa Wati.

Baca juga :  Berat Badan Ideal Bantu Cegah Diabetes

Tambahnya, Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe juga berkomitmen untuk memberikan pembinaan dan dorongan kepada para ibu agar berhasil dalam inisiasi menyusu dini (IMD), memberikan ASI eksklusif, dan meneruskan pemberian ASI sampai berumur 2 tahun atau lebih.

“Keberhasilan menyusui merupakan upaya bersama, membutuhkan informasi yang benar, dan dukungan kuat untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan ibu dapat menyusui secara optimal,” kata Puspa Wati.[Adv]



Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Samudrapost.com. Ayo bergabung di Grup Telegram "Samudra Post", caranya klik link https://t.me/samudrapost, kemudian join. Install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel, dan nikmati berbagai kemudahannya !


Facebook Comment

Berita terkait