Warga Lhokseumawe Diajak Bergaya Hidup Sehat Untuk Mencegah Diabetes

 Warga Lhokseumawe Diajak Bergaya Hidup Sehat Untuk Mencegah Diabetes

Lhokseumawe – Warga Kota Lhokseumawe diajak untuk selalu bergaya hidup sehat, agar terhindar dari  penyakit tidak menular yang tidak dapat disembuhkan, yaitu penyakit diabetes yang bisa menyerang siapa saja.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar mengatakan, maka pentingnya untuk gaya hidup sehat dan rutin melakuan kontrol metabolik, yakni mengupayakan kadar gula darah dalam batas normal atau mendekati nilai norma.

Baca juga :  Lhokseumawe Akan Salur Bantuan Beras Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

“Pengelolaannya dilakukan antara lain dengan pemberian tata laksana yang sesuai baik insulin maupun obat-obatan, pengaturan makan, olahraga, edukasi, dan pemantauan gula darah secara mandiri,” ujar Said Alam, Selasa, (6/4/2021).


Baca juga :  Tiada Kesehatan Tanpa Kesehatan Jiwa

Said Alam menambahkan, hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan menrapkan gaya hidup sehat. Pertama, mempertahankan berat badan ideal, apabila memiliki berat badan berlebih, maka upayakan untuk menguranginya sekitar 5-10 persen untuk mengurangi risiko.

Kemudian perbanyak makan buah dan sayur, serta kurangi minum minuman manis dan bersoda. Harus aktif berolahraga, upayakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari untuk mencapai berat badan ideal.

Baca juga :  Kepala Desa Ini Mesum Dengan Wanita Bersuami

“Batasi waktu penggunaan gadget, karena jika berlama-lama menggunakan gadget sama dengan membiarkan tubuh tidak bergerak dalam waktu lama,” tutur Said Alam.[AG]

Komentar Facebook

Berita terkait