Dinkes Lhokseumawe Ajak Warga Kenali Gejala Diabetes Sejak Dini

 Dinkes Lhokseumawe Ajak Warga Kenali Gejala Diabetes Sejak Dini

Lhokseumawe – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lhokseumawe, mengajak masyarakat untuk mengenali gejala Diabetes Mellitus (DM) sejak dini, sehingga bisa dilakukan pencegahan secara lebih efektif, serta terhindar dari penyakit tersebut.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar mengatakan, Diabetes Mellitus merupakan sebagai penyakit tidak menular yang ditandai dengan tingginya kadar gula, yang diakibatkan oleh sel-sel yang ada didalam tubuh tidak menyerap gula darah menjadi energi.

Baca juga :  Dinkes: Perilaku Masyarakat, Kunci Melawan Covid-19

“Tingginya kadar gula di dalam darah akibat tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh dan menyebabkan gangguan organ lain. Kadar gula darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh organ pankreas. Pada penderita DM organ pankreas tidak memproduksi insulin,” ujar Said Alam, Kamis (1/4/2021).


Baca juga :  Ibu ini Serahkan Anaknya yang Berusia 16 Tahun Kepada Pria Hidung Belang Agar Disetubuhi

Said Alam menambahkan, berdasarkan penyebabnya Diabetes Mellitus dapat dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu disebabkan oleh kegagalan tubuh untuk memproduksi insulin, kemudian akibat kondisi dimana tubuh tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan.

Bahkan penyebab yang ketiga dikenal dengan sebutan Diabetes Mellitus Gestasional, biasanya diderita oleh ibu hamil yang tidak pernah menderita diabetes mellitus sebelumnya, tetapi ketika hamil memiliki kadar gula darah yang tinggi

Baca juga :  Dinkes Lhokseumawe Ajak Masyarakat Untuk cegah Tuberkulosis

“Ada beberapa gejala Diabetes Mellitus yang harus diketahui sejak dini, yaitu sering haus, sering buang air kecil disaat malam hari, sering merasa lapar, turun berat badan tanpa sebab, lemas dan luka yang sulit sembuh,” tutur Said Alam.[AG]

Komentar Facebook

Berita terkait