Waspada! LastPass Aplikasi yang Bisa Melacak Pengguna Android

 Waspada! LastPass Aplikasi yang Bisa Melacak Pengguna Android

Foto | pexels.com

Samudrapost.com – Banyaknya aplikasi baru di zaman sekarang ini membuat para pengguna berbondong-bondong mencari aplikasi pengaman juga. Ini dilakukan untuk menjaga privasi para user-nya. Salah satu manajemen password yang sering digunakan adalah Last Pass. Karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang bisa melacak pengguna android.

Namun, aplikasi ini memiliki pengaruh buruk yang menyebabkan kemanan penggunanya terbobol.

LastPass Memakai Pelacak Pihak Ketiga

Informasi tentang dampak keamanan Last Pass ini sebelumnya sudah pernah diungkap oleh Tim Keamanan Cyber yang berasal dari Jerman. Aplikasi ini menggunakan tujuh pelacak yang berasal dari pihak ketiga. Inilah yang menyebabkan pengguna Android menemui masalah dalam sistem keamanannya.

Dampak Selanjutnya LastPass Mampu Mengumpulkan Informasi Pengguna

Akibat dari keamanan ini, Android bisa dilacak melalui aplikasi LastPass. Tidak hanya informasi pengguna Android saja yang dilacak tetapi juga informasi jenis operator seluler dan perangkat yang digunakan oleh penggunanya sendiri.

Baca juga :  Mengungguli Android, Kini Ponsel Huawei yang Baru Punya Harmony OS April Mendatang

Selain itu, akun Google Advertising pengguna juga bisa dilacak dengan aplikasi ini. Secara langsung semua data akun dapat terbaca karena akun pengguna terintegrasi dengan seluruh platform dan aplikasi lain.

Membuat Profil dari Users Iklan yang Ditargetkan

Dari tujuh yang berperan sebagai pelacak, empat diantaranya digunakan untuk sasaran Google Analytics. Serta ditujukan untuk fitur pelaporan apabila terjadi error dan mengalami crash.

Pihak ketiga yang dimaksud antara lain Segmen, AppsFlyer dan MixPanel. Melalui aplikasi Segmen inilah, layanan memang dikhususkan untuk membuat iklan tertarget atau profil dari users itu sendiri.

Users Tidak Diperkenankan Mengirim Informasi Sensitif

Agar tidak menjadi dampak seperti halnya Android bisa dilacak melalui aplikasi LastPass, pihak LastPass sudah berjanji untuk tidak mengirimkan informasi sensitif dari pengguna itu sendiri.

Itulah yang menjadi salah satu solusi agar pengguna tetap merasa aman saat menggunakan LastPass. Supaya informasi pengguna Android tetap aman dan terjaga rahasianya, pihak LastPass menyarankan penggunanya untuk menonaktifkan informasi pada fitur sub-menu. Setelah itu, anda bisa pilih Privasi. Matikan fitur off. Dengan begitu, pelacak dari pihak ketiga tidak akan terlibat dalam perangkat ponsel.

Baca juga :  Asus ROG Phone 5, Spesifikasi RAM Mengalahkan Jenis Laptop Gaming

Perlu Diketahui Tentang Kegunaan Aplikasi yang Bisa Melacak Pengguna Android

Setelah mengetahui dari sisi keamanannya, anda pasti masih bertanya-tanya tentang fungsi aplikasi LastPass ini sendiri. Aplikasi ini merupakan jenis aplikasi yang berfungsi sebagai pengelola kata sandi.

Jika diibaratkan pada alat kantor, LastPass merupakan brankas atau lemari besi yang digunakan untuk menyimpan catatan rahasia seperti bookmark, catatan rahasia dan catatan aman agar tidak dicuri pihak lain.

Catatan yang dapat disimpan dalam aplikasi ini misalnya saja informasi tentang SIM yang anda punya. Anda cukup memilih fitur catatan jenis ‘Driver Lisensi” lalu masukkan data yang sudah tersedia mulai dari Tanggal Kadaluwarsa dan nomor kartu .

Baca juga :  Ada yang Baru! Fitur Filter DM Instagram Dikembangkan untuk Konten

Cara Menggunakan LastPass dengan Aman

Untuk yang ingin sekedar mencoba aplikasi LastPass, anda bisa melakukan beberapa tahap berikut ini.

  • Pertama-tama, anda bisa unduh dan install aplikasi/eksistensi dari LastPass melalui browser pilihan anda.
  • Selanjutnya, anda akan menemukan ikon baru berupa tools browser.
  • Setelah itu, klik fitur LastPass.
  • Klik Create an Account Now.
  • Masukkan alamat emailmu dan buatlah password yang tidak umum agar tidak sembarang orang mencuri data anda.
  • Setelah email, masukkan password dan username anda.
  • Dalam fitur password, pilih ikon LastPass.
  • Terakhir, pilih tombol “Save Credentials for This Site”.

Meskipun dampaknya informasi android bisa dilacak melalui aplikasi LastPass, anda harus menyimpan data yang tidak terlalu sensitif. Tetap aktifkan fitur privasi dan nonaktifkan informasi agar tidak dapat dibaca pihak ketiga.

Waspada dan pastikan password anda aman pada aplikasi yang bisa melacak pengguna android tersebut ya!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+