Untuk Menggulangi Covid-19, Aplikasi-Aplikasi Asli Indonesia Ini Bisa Kamu Gunakan

 Untuk Menggulangi Covid-19, Aplikasi-Aplikasi Asli Indonesia Ini Bisa Kamu Gunakan

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Sudah setahun Pandemi Covid 19 meneror Indonesia sejak tanggal 2 Maret 2020 lalu, pada tanggal tersebut seseorang pertama kali teridentifikasi di Indonesia. Berbagai solusi dikerahkan untuk menanggulangi virus ini.


Salah satu cara untuk mencegah virus ini semakin luas. Beberapa aplikasi pencegah Covid-19 ini bisa kamu coba di smartphonemu.

Aplikasi untuk Kesehatan Para Medis – DokterSafe

Di tengah mewabahnya virus pandemi ini,Fakultas Kedokteran Universitas Universitas Airlangga Surabaya terpicu untuk menciptakan teknologi baru demi penanggulangan Covid-19. Setelah menciptakan Genose, kini Unair menciptakan aplikasi DokterSafe.


Fitur pada aplikasi ini berguna untuk melindungi dan membantu para medis dalam mengakses edukasi, informasi, perkembangan gejala pasien Covid-19, jumlah statistik pasien terupdate serta rumah sakit yang bisa digunakan untuk rujukan pasien. Tempat-tempat rumah sakit ini bisa diakses melalui GPS.

Aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit – (SINARAP RS)

Sejumlah ratusan database dari seluruh rumah sakit di Indonesia terdaftar melalui aplikasi ini. Pasalnya, aplikasi SINARAP merupakan hasil kerja Kemenkes supaya masyarakat lebih mengetahui ketersediaan RS di Indonesia yang masih kosong.

Baca juga :  Mengungguli Android, Kini Ponsel Huawei yang Baru Punya Harmony OS April Mendatang

Aplikasi ini juga menyediakan informasi tentang pencarian rumah sakit, ketersediaan ICU tekanan negatif baik menggunakan ventilator atau tidak serta informasi tempat isolasi yang masih tersedia di sekitar domisili.

Aplikasi Bentukan Satgas Covid – Bersatu Lawan Covid

Melalui aplikasi pencegah Covid-19 ini, masyarakat lebih mengetahui peta lokasi penyebaran virus dan area sekitarnya. Tempat menyebarnya virus yang terkonfirmasi juga dapat dideteksi melalui GPS. Informasi sebaran virus ini menyesuaikan dengan data yang sudah masuk dan dikonfirmasi oleh rumah sakit.

Aplikasi ini juga berguna untuk para petugas medis yang ingin melihat perkembangan pasien Covid-19. Selain itu, aplikasi buatan satgas Covid-19 juga dilengkapi fitur data riwayat pasien serta RDT atau rapid diagnostic test. Mungkin baru-baru ini juga dikembangkan untuk pasien dengan riwayat tes antigen.

Baca juga :  Ilmuwan Ungkap Adanya Kiamat Internet di Bumi Akibat Badai Matahari

Aplikasi Buatan Kantor Staf Presiden – 10 Rumah Aman

Aplikasi pencegah Covid-19 berikutnya ini  dapat mendukung masyarakat untuk memeriksakan dirinya secara mandiri. Dengan begitu, mereka dapat melakukan pemeriksaan dirumah tanpa harus keluar ke rumah sakit. Basis teknologi yang digunakan aplikasi ini adalah Artificial Intelligence (AI) yang didukung sepenuhnya oleh pihak Kemenkominfo.

Fitur aplikasi ini sangat lengkap mulai dari pengukuran temperatur badan secara mandiri, tips aman untuk pencegahan, pemantauan lokasi suhu tubuh yang terpapar serta konsultasi melalui WhatsApp darurat.

Tidak hanya itu saja, aplikasi buatan KSP ini juga terintegrasi dengan toko dan apotik online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi lain yang terhubung seperti Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, SehatQ, Sahabatpedia dan Sahabatdokter.

Baca juga :  Waspada! LastPass Aplikasi yang Bisa Melacak Pengguna Android

Aplikasi Buatan Kemenkominfo – Peduli Lindungi

Sudah tidak asing lagi kalau aplikasi pencegah Covid-19 bentukan Kemenkominfo ini sering diaplikasikan sebagian besar pengguna Indonesia. Pasalnya, aplikasi ini dapat mendeteksi zona merah berdasarkan wilayah pasien yang sudah terdata dan terkonfirmasi Covid-19.

Aplikasi akan memberitahukan lokasi yang ramai dan bergerombol sehingga anda dapat meningkatkan kewaspadaan ketika kamu terpaksa harus keluar. Layanan identifikasi pengguna juga dapat dilakukan melalui layanan ini.

Untuk memudahkan masyarakat berkonsultasi secara mandiri, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi Teledokter sehingga tidak perlu pergi ke rumah sakit dahulu.

Jadi, kamu tak perlu cemas apalagi sampai keluar rumah untuk konsultasi! Usahakan meminimalisasi keluar rumah jika tidak mendesak dengan memanfaatkan aplikasi ini ya!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+