Siap-Siap, Pemerintah Akan Buka Seleksi CPNS Ada 1,3 Juta Posisi

 Siap-Siap, Pemerintah Akan Buka Seleksi CPNS Ada 1,3 Juta Posisi

Samudrapost.com | Jakarta – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyatakan, pemerintah membuka seleksi penerimaan calon pegawai negara sipil (CPNS). Lowongan yang tersedia 1,3 juta posisi dan proses seleksi akan dilakukan bulan Maret 2021.


“Mengenai waktu pengumuman (seleksi CPNS), akan dilakukan pada Maret, setelah proses pembagian untuk masing-masing instansi selesai dilakukan,” ujar Tjahjo Kumolo seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Baca juga :  500 Pengungsi Rohingya Terpantau Sangat Dekat Dengan Perairan Aceh

Tjahjo lebih lanjut mengatakan, untuk persyaratan pendaftaran akan ditentukan oleh masing-masing instansi sesuai dengan kualifikasi jabatan yang dibutuhkan. “Pemerintah sudah menentukan kebutuhan ASN secara total tahun 2021, jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat sejumlah sekitar 1,3 juta orang,” kata Tjahjo.


Baca juga :  Pemerintah Buka Lowongan PPPK Guru & Nakes

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan segera mengadakan rapat koordinasi untuk mematangkan rencana tersebut. Namun, pihak instansi untuk sementara belum bisa memberikan rincian kapan CPNS 2021 akan dibuka.

“Sebentar lagi akan ada rapat koordinasi untuk memberikan informasi mengenai hal ini,” kata Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko kepada Liputan6.com, Selasa (2/3/2021).

Baca juga :  Pemerintah Anggarkan Rp 34,3 Triliun untuk THR PNS 2022

Adapun penetapan formasi CPNS 2021 pada Maret ini telah terjadwal dalam Peraturan Pemerintah (PP) terkait dengan pengadaan aparatur sipil negara (ASN) atau PNS.[lokadata]

Komentar Facebook

Berita terkait