Selain Wortel, Ini Asupan yang Penting untuk Jaga Kesehatan Mata

 Selain Wortel, Ini Asupan yang Penting untuk Jaga Kesehatan Mata

Foto | https://unsplash.com

Samudrapost.com – Salah satu hal penting yang sering terlupa adalah jaga kesehatan mata.  Apalagi saat sekarang ini, orang banyak berinteraksi dengan ponsel dan layar laptop. Paparan radiasi gawai bisa berimbas pada mata. Itu sebabnya jangan abaikan kesehatan mata ya.


Ada beberapa cara untuk jaga kesehatan mata. Misalnya tidak berlama-lama di depan ponsel atau laptop, dan sesekali mengalihkan pandangan mata ketika sudah merasa lelah atau pegal. Kesehatan mata sangat penting, karena mata adalah salah satu panca indera penting. Apalagi bagi mereka yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop tentu akan sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, cara menjaga kesehatan mata juga bisa dengan menjaga asupan. Salah satu makanan yang paling dikenal bagus untuk kesehatan mata adalah wortel. Cobalah rutin mengonsumsinya agar mata Anda lebih sehat. Tahukah Anda selain wortel ada juga makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini.


  1. Biji-bijian

Ternyata biji-bijian juga bagus lho untuk kesehatan mata. Biji-bijian mengandung asam lemak omega 3 dan  vitamin E yang baik untuk mata. Asupan vitamin E yang ukup dapat membantu memperlambat degenerasi makula.

  1. Kacang-kacangan

Untuk jaga kesehatan mata, Anda juga bisa mulai mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah, kedelai, kacang hitam, dan lentil. Kacang-kacangan mengandung bioflavonoid yang mampu melindungi retina. Selain itu juga mampu menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula.

  1. Sayuran dan Buah

Bukan rahasia lagi kalau sayuran dan buah juga sangat bagus untuk kesehatan, termasuk mata. Khususnya sayuran dan buah yang mengandung vitamin A dan vitamin C seperti wortel, tomat, paprika, strawberry, dan labu.

Baca juga :  Waspada Tekanan Darah Rendah, Jangan Sepelekan

Sayuran dan buah yang berwarna sangat baik untuk mata. Itu sebabnya jangan lewatkan makanan tersebut untuk asupan sehari-hari ya. Pastikan selalu ada di salah satu menu makanmu.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, caisim juga bagus dikonsumsi dan membantu jaga kesehatan mata. Sayuran hijau banyak mengandung vitamin A, C, dan E yang tentunya sangat baik untuk kesehatan mata. Jadi seluruh bagian tubuh ternutrisi dengan baik ya jika Anda rutin mengonsumsi sayuran hijau setiap hari.

  1. Jeruk

Bukan hanya butuh asupan vitamin A. Indera penglihatan juga butuh asupan vitamin C. Untuk mendapatkan asupan vitamin C yang cukup Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Misalnya saja jambu merah, jeruk, kiwi, dan buah berry.

Baca juga :  Cara Membersihkan Paru-paru, Tips Ampuh untuk Perokok!

Tips Menjaga Kesehatan Mata 

Selain mendapatkan asupan yang cukup, untuk menjaga kesehatan mata juga butuh didukung oleh beberapa hal. Misalnya saja dengan tidak menggunakan gadget sembari rebahan atau tiduran. Pastikan ada jarak antara mata dan gawai sehingga paparan sinar radiasi gawai tidak menganggu mata.

Baca juga :  5 Alasan Kenapa Harus Tahu Manfaat Tidur Berkualitas

Anda juga bisa mengatur sinar yang berasal dari gawai. Jangan terlalu lama menggunakan gawai di tempat gelap karena sinar gawai akan sangat terang sehingga berpotensi merusak mata. Paling lama berada di depan gawai adalah satu jam. Setelahnya coba beristirahat sejenak, setelah rileks baru lanjutkan kembali pekerjaan.

Nah, mari jaga kesehatan mata agar kita tetap bisa berinteraksi dan beraktivitas dengan lancar. Jangan lupa untuk mata. Bukan hanya mengonsumsi wortel, tetapi juga jenis makanan dan buah lainya. Kalau Anda apakah makanan favorit untuk jaga kesehatan mata?

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+