Intip 5 Strategi Jitu Pemasaran Bisnis Saat Ramadhan

 Intip 5 Strategi Jitu Pemasaran Bisnis Saat Ramadhan

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Hari pertama Ramadhan disinyalir jatuh pada tanggal 14 April 2021.Selain identik dengan kesakralan ibadah, bulan Ramadhan juga digunakan oleh para pelaku usaha untuk membidik cuan. Bukan tanpa alasan, pada bulan Ramadhan aktifitas belanja cenderung meningkat menjadi dua kali lipat.


Hal tersebut ditenggarai oleh aktivitas dan ritme hidup masyarakat yang mengalami perubahan. Fenomena ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Para pelaku usaha dapat memanfaatkan momen tersebut untuk meraih cuan sebanyak-banyaknya.

Nah, apakah Anda tertarik untuk ambil bagian dan menjalankan bisnis saat bulan Ramadhan? Lantas apa saja strategi pemasaran bisnis saat Ramadhan agar hasilnya menjadi maksimal?


  1. Buat Produk Khusus Bulan Ramadhan

Strategi pemasaran bisnis saat Ramadhan yang pertama adalah dengan membuat beragam produk khusus Ramadhan. Terlepas dari produk apapun yang dijual baik perlengkapan rumah tangga, pakaian, atau bahkan kuliner.

Jangan lupa untuk memasukkan unsur-unsur yang berkaitan dengan momen Ramadhan. Entah itu dari dekorasi, tampilan dan lain sebagainya. Untuk usaha kuliner, tidak ada salahnya mempersiapkan makanan dan takjil yang khas. Terutama yang biasa dipesan oleh pelanggan pada saat bulan puasa.

  1. Siapkan Layanan Pesan Antar

Jika pada umumnya pelanggan datang menghampiri pembeli dan melakukan transaksi, maka tidak demikian dengan sekarang. Di era digital, semua orang menyukai sesuatu yang serba praktis. Tidak terkecuali pada saat ingin membeli sesuatu.

Baca juga :  Ekspor Perdana Minyak Kelapa Sawit, Lewat Pelabuhan Krueng Geukueh ke India

Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk mengikuti perkembangan zaman. Yaitu dengan memberikan layanan pesan antar baik secara manual, ataupun memanfaatkan jasa ojek online.

  1. Berikan Diskon atau Penawaran Khusus

Strategi pemasaran bisnis saat ramadhan yang selanjutnya adalah dengan memberikan promo khusus. Promo baik dalam bentuk diskon atau penawaran tertentu biasanya banyak digemari masyarakat. Anda juga dapat berinovasi dengan menjual paket bundling atau menjual beberapa produk yang berbeda dalam satu paket. Strategi ini sangat simpel, namun terbukti efektif untuk menarik minat konsumen.

  1. Lakukan Kerja Sama dengan Pihak Lain

Berkolaborasi dengan bisnis lain juga dapat dilakukan untuk meningkatkan omzet. Jika Anda merupakan seorang pengusaha yang menjual produk khusus hijab, Anda dapat berkolaborasi dengan bisnis lain yang masih satu haluan.

Baca juga :  Harga emas 24 Karat Antam Hari Ini Turun Rp 8.000 Per Gram

Misalnya saja berkolaborasi dengan bisnis yang menjual gamis dan pakaian muslim. Kemudian membuat produk khusus yang berisi paket gamis dan hijab dengan harga khusus jelang lebaran. Cara ini tidak hanya akan membantu meningkatkan omzet, tetapi juga memberikan relasi yang lebih luas serta dapat menjangkau pelanggan baru.

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Promosi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari strategi pemasaran bisnis saat Ramadhan. Dengan menggencarkan promosi, maka akan semakin luas kemungkinan calon customer untuk mengetahui usaha Anda.

Baca juga :  Pasca Pandemi, Bagaimana Peluang Bisnis Investasi di Indonesia?

Di era digital ini, aktivitas promosi menjadi sangat mudah dan fleksibel. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk menjangkau pelanggan dari seluruh penjuru dunia.

Pelaku usaha hanya tinggal memilih untuk memanfaatkan jenis media sosial mana yang akan dijadikan sebagai tempat berpromosi. Mulai dari WhatsApp, Facebook, atau bahkan Instagram dapat dijadikan pilihan.

Siap Mengambil Peluang Bisnis Saat Ramadhan?

Di tengah situasi yang sedang tidak menentu akibat adanya pandemi covid-19, kita dituntut untuk lebih jeli membidik peluang. Terutama menjelang Ramadhan ini, dimana aktivitas belanja masyarakat cenderung meningkat.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal.  Terutama bagi para pebisnis, Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menyusun strateginya dari sekarang. Beberapa tips mengenai strategi pemasaran bisnis saat Ramadhan yang kami ulas di atas semoga cukup mencerahkan. Selamat mempersiapkan diri panen profit di Ramadhan tahun ini!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+