Ini Dia Cara Membeli Saham untuk Pemula, Jangan Mudah Tergiur

 Ini Dia Cara Membeli Saham untuk Pemula, Jangan Mudah Tergiur

Foto | https://www.pexels.com

Samudrapost.com – Banyak yang bertanya bagaimana cara membeli saham? Investasi saham semakin banyak digemari dan dipelajari oleh anak muda. Investasi saham tujuannya untuk jangka pajang, beda dengan trading yang hanya untuk mencari keuntungan sesaat. Zaman sekarang, membeli saham tak harus kita melalui pihak ketiga. Cara membeli saham pun cukup mudah.

Setiap orang bisa membeli saham melalui ponsel ataupun komputer mereka. Asal sebelumnya mereka mendaftarkan diri pada sekuritas yang ada. Pemegang saham juga dapat mengontrol pergerakan saham yang dimiliki tidak lagi melalui broker ataupun perantara.

Membeli atau investasi saham bukanlah sesuatu yang mengerikan. Faktor risiko pasti ada, tetapi jika dikelola dengan baik maka faktor risiko tersebut dapat diminimalisasi. Nah, sebelum membahas cara membeli saham, mari pahami dulu pengertian saham.

Apa Itu Saham?

Saham adalah salah satu jenis investasi yang dikenal di Indonesia. Saham adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan yang terdaftar di bursa saham. Total kepemilikan bisa dimulai dengan satu lot atau seratus lembar saham. Pemilik saham juga punya hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan total kepemilikan saham yang dimilikinya.

Baca juga :  Maryland Negara Bagian Pertama Yang Terapkan Pajak Iklan Digital

Membeli saham pastilah ada risikonya. Misalnya harga saham turun atau perusahaan tutup alias bangkrut. Risiko investasi saham memang lebih tinggi ketimbang instrumen investasi lainnya seperti emas ataupun deposito. Akan tetapi, jika tujuannya untuk jangka panjang dan memilih perusahaan yang tepat, maka investasi saham bisa memberikan keuntungan.

Siapapun bisa membeli saham. Cara membeli saham  pertama adalah dengan mendaftarkan diri di perusahaan sekuritas. Syarat pendaftaran di perusahaan sekuritas antara lain fotokopi KTP, materai, NPWP, dan fotokopi identitas buku tabungan. Anda bisa datang langsung atau mendaftarkan diri melalui online. Nah, perusahaan sekuritas ini yang akan menjadi jembatan antara Anda sebagai investor dengan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca juga :  Wabup Aceh Utara, Serahkan Bantuan UEP Stimulan untuk 140 Fakir Miskin

Cara Membeli Saham

Perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia, sekarang ini sudah menyediakan platform jual beli online yang bisa diakses setiap investor. Dalam platform tersebut juga menyediakan cara membeli saham untuk pemula.

Setelah terdaftar di perusahaan sekuritas, Anda akan mendapatkan akses untuk jual beli saham yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Setiap perusahaan sekuritas punya aplikasi yang berbeda, semua akan terhubung dengan BEI.

Ketika membeli pertama, pastikan dana Anda tersedia di Rekening Dana Nasabah (RDN). Nominalnya bisa disesuaikan dengan saham yang akan dibeli. Untuk pembelian minimal adalah 100 lembar saham atau 1 lot. Ini sesuai dengan aturan yang berlaku dari BEI.

Baca juga :  PT PIM Terima Padmamitra Award Aceh 2019 Dari Pemerintah Aceh

Setiap perusahaan sekuritas punya kebijakan yang berbeda untuk nominal yang harus disetor. Rekening dana tersebut adalah milik pribadi investor. Sehingga hanya investorlah yang bisa mengakses dan mengelolanya.

Sebagai informasi ketika membeli saham ada fee broker atau fee untuk perusahaan sekuritas. Besarannya setiap perusahaan sekuritas berbeda. Kisarannya antara 0,1 persen sampai dengan 0,3 persen. Fee broker ini berlaku ketika Anda membelu atau menjual saham.

Sebagai pemula sangat disarankan Anda rajin untuk bertanya kepada petugas perusahaan sekuritas yang ditunjuk. Tujuannya agar Anda tidak keliru ketika membeli saham. Perusahaan sekuritas juga rutin menyelenggarakan pelatihan atau konsultasi untuk investor saham pemula. Jika ingin serius tak ada salahnya Anda sering ikut dan mempelajari cara membeli saham yang tepat.

Nah, demikian penjelasannya semoga membantu dan Anda bisa berinvestasi dengan tepat.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+