Ini Dia 7 Ide Bisnis Modal Kecil yang Tahan Banting di Masa Krisis

 Ini Dia 7 Ide Bisnis Modal Kecil yang Tahan Banting di Masa Krisis

Foto | foursquare.com

Samudrapost.com – Beberapa saat yang lalu, baik Indonesia maupun dunia tengah diguncang badai krisis akibat adanya pandemi Covid-19. Akibatnya, berbagai sektor usaha mengalami kelesuan bahkan terancam lumpuh dan gulung tikar.


Di tengah pergolakan ekonomi ini banyak perusahaan kemudian melakukan PHK massal untuk para karyawannya. Hal tersebut tentunya memberikan dampak sosial yang sangat terasa, yakni membuat angka pengangguran menjadi semakin tinggi jumlahnya di Indonesia.

Tidak hanya mengakibatkan kerapuhan fundamental ekonomi, banyak orang yang kemudian memutar otak dan mencari ide untuk memulai usaha baru. Sektor tersebut diharapkan dapat menjadi prospek yang baik untuk menopang perekonomian masyarakat kedepannya.


Kira-kira apa saja usaha yang bisa bertahan ditengah krisis dan resesi? Beberapa ide bisnis modal kecil berikut ini dapat dijadikan sebagai referensi.

  1. Bisnis Fotokopi dan ATK

Jenis bisnis modal kecil yang pertama adalah usaha fotokopi dan ATK. Usaha fotokopi serta ATK dianggap sebagai bisnis yang sangat potensial untuk dijalankan. Terutama apabila Anda berada di kawasan pendidikan dan perkantoran.

Baca juga :  Pelindo 1 Lhokseumawe Ekspor Perdana CPO Ke India

Di wilayah tersebut, pastinya banyak orang yang membutuhkan jasa print, fotocopy, kebutuhan alat tulis serta peralatan sekolah yang lainnya. Oleh sebab itu, usaha fotocopy dan ATK merupakan prospek yang sangat bagus dijalankan di tempat tersebut.

  1. Bisnis di Bidang Teknologi dan Informasi

Bisnis di bidang teknologi dan informasi juga merupakan jenis usaha yang bisa dibilang anti resesi. Sederhana saja, kebutuhan internet dan komunikasi memang tidak akan berkurang meskipun ditengah pandemi.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan internet, hal tersebut membuat jasa orang yang berkecimpung di dunia tersebut juga semakin besar peluangnya. Beberapa profesi seperti programmer, data scientist, blogger, dan lain sebagainya pun semakin besar peluangnya.

  1. Bisnis Toko Kelontong

Toko kelontong juga merupakan usaha yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Kebutuhan akan makanan pokok mulai dari beras, minyak, serta lauk pauk akan selalu ada. Oleh karenanya, toko kelontong juga disinyalir sebagai bidang usaha yang kebal krisis.

  1. Bisnis Kuliner

Ide usaha modal kecil yang selanjutnya adalah bisnis kuliner. Dari waktu ke waktu, usaha kuliner selalu mengalami pergerakan yang dinamis. Hampir sama dengan yang sebelumnya, kuliner juga merupakan kebutuhan pokok yang selalu dicari oleh masyarakat. Bisnis tersebut juga akan selalu dicari serta tidak pernah ditinggalkan oleh konsumennya.

  1. Layanan Kesehatan

Layanan kesehatan merupakan sektor yang melayani akomodasi kebutuhan dasar manusia. Pada saat berada ditengah badai krisis sekalipun, layanan kesehatan tetap dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, tentunya yang dapat berkecimpung di bisnis ini merupakan orang-orang dengan keahlian khusus. Seperti dokter, perawat, apoteker, dan berbagai profesi sejenisnya.

  1. Bisnis Pendidikan

Pendidikan juga merupakan kebutuhan fundamental yang paling mendasar. Menilik dari besarnya kebutuhan manusia akan pendidikan, bisnis tersebut tidak akan rapuh meskipun dihantam oleh badai pandemi. Berbagai profesi seperti guru privat, guru les, guru mengaji dan lain sebagainya malah semakin dibutuhkan dan ramai peminatnya.

  1. Bisnis Pertanian

Ide bisnis modal kecil yang selanjutnya adalah usaha pertanian. Pertanian disinyalir sebagai salah satu penopang tertinggi bagi perekonomian masyarakat ditengah pendemi ini. Terutama untuk Anda yang berencana bertani secara hidroponik.

Baca juga :  PT PIM Terima Padmamitra Award Aceh 2019 Dari Pemerintah Aceh

Semakin besarnya tingkat kebutuhan masyarakat akan bahan pangan, maka semakin besar pula peluang bisnis pertanian untuk bertahan. Apalagi sekarang usaha tersebut tidak hanya dapat dilakukan di daerah pedesaan saja. Karena meskipun tinggal di daerah perkotaan dan hanya memiliki lahan sempit sekalipun. Anda tetap dapat bercocok tanam. Contohnya bertani dengan menggunakan sistem hidroponik.

Baca juga :  Pameran “Piyoh-Piyoh” dan Festival Kreatif Resmi Dibuka Dengan Penabuhan Rapai Pase

Demikian beberapa ide bisnis modal kecil yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi. Deretan ide usaha di atas dapat dijadikan sebagai alternatif agar kita dapat melalui krisis ekonomi ke depannya.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+