Ini Cara Atasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur

 Ini Cara Atasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur

Foto | pexels.com

Samudrapost.com – Anda pasti pernah mengalami sakit di bagian leher ketika bangun tidur. Bukan hanya sesaat. Rasa sakit itu bisa seharian. Sakit tersebut bisa jadi karena salah posisi ketika tidur. Agar tak berkelanjutan dan berakibat fatal Anda perlu tahu cara atasi sakit leher.


Sakit leher akibat salah posisi tidur tentu tidak nyaman. Aktivitas seharian bisa terganggu akibat sakit dan nyeri pada leher. Sebagian orang merasakan tidak bisa menoleh ke kanan atau ke kiri. Rasa sakit bisa juga merambat ke seluruh tubuh. Rasa tidak nyaman dan aktivitas pun bisa terganggu.

Itu sebabnya Anda perlu mengatasi sakit leher tersebut sejak awal. Jangan sampai hanya karena sakit leher, aktivitas Anda seharian terganggu. Bukan hanya aktivitas terganggu, sakit pada leher juga bisa berakibat pada cedera otot akibat bergerak sehingga tidak menutup kemungkinan sakitnya justru lebih parah. Jadi jangan sepelekan sakit leher akibat salah tidur ya. Segera atasi sebelum terlambat.


Baca juga :  5 Penyebab Rambut Rontok, Salah Satunya Akibat Stres

Agar aktivitas Anda tidak terganggu, berikut ini cara atasi sakit leher  yang bisa Anda praktikkan:

  1. Kompres

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres bagian yang sakit dengan air dingin ataupun air hangat. Caranya cukup mudah, ambil es batu kemudian bungkus dengan handuk kecil, kemudian tempelkan ke bagian yang terasa sakit. Rasa sakit akan berkurang secara perlahan. Lakukan selama 10 sampai dengan 20 menit.

Untuk mengurangi rasa sakit, Anda juga bisa melakukan terapi panas. Caranya dengan menempelkan bantal pemanas. Anda juga bisa mandi air hangat. Suhu panas bisa juga mengendurkan otot-otot yang mengencang dan meredakan rasa nyeri.

  1. Peregangan Otot

Cara atasi sakit leher lainnya adalah dengan melakukan peregangan otot. Jika rasa sakit sudah mereda lakukan peregangan pada bagian yang sakit. Lakukan dengan perlahan agar tidak memicu rasa sakit yang berlebihan. Peregangan dilakukan di bagian yang sakit.

Baca juga :  Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh, Apa Saja?

Selain itu Anda juga bisa memijat dengan lembut dan perlahan. Pijatan bisa dilakukan ketika rasa sakit sudah berkurang, agar tidak terjadi salah pijat dan berakibat bertambah sakit. Ketika memijat Anda bisa menggunakan minyak atau cream agar lebih mudah dan meminimalisasi rasa sakit.

  1. Istirahatkan Leher

Anda bisa sejenak memberi waktu istirahat leher. Jangan terlalu banyak bergerak yang menggunakan leher dan memberi beban yang berat, misalnya membawa tas berat di pundak.

Jangan terlalu banyak rebahan atau tiduran, karena ini akan membuat rasa kaku semakin menjadi. Anda bisa melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki asal tidak memberi beban yang berat pada leher.

  1. Minum Obat Pengurang Rasa Sakit

Jika rasa sakit juga tak kunjung reda sementara Anda sudah mencoba melakukan langkah sederhana. Anda bisa meminum obat pengurang rasa sakit. Namun perlu diketahui obat pengurang rasa sakit disarankan hanya diminum ketika sakit saja. Setelah rasa sakit hilang tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Baca juga :  Sering Berhubungan, Apakah Bisa Bikin Vagina Kendur, Mitos atau Fakta?

Perlu diketahui pengobatan rumahan sebagai cara atasi sakit leher tersebut tidaklah instan. Tergantung pada seberapa parah sakit otot yang dialami. Rasa sakit tersebut bisa dialami dua sampai tiga hari. Dalam kondisi tertentu bahkan sakit leher bisa dialami selama sepekan. Rasa sakit tersebut harus segera diatasi dan pengobatan atau terapi ringan rutin dilakukan. Jika  Anda merasa sakit bertambah parah segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+