Hujan Komentar Netizen Indonesia, Microsoft Enggan Buka Kolom Komentar Lagi

 Hujan Komentar Netizen Indonesia, Microsoft Enggan Buka Kolom Komentar Lagi

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Komentar pedas netizen Indonesia memang selalu menjadi topik yang tidak henti-hentinya untuk dibahas. Sejak tahu bahwa tingkat kesopanan netizen Indonesia memang tidak sebaik dengan negara lain, pihak Microsoft menutup kolom komentar untuk netizen Indonesia. Berikut penjelasan informasinya secara lengkap.


Dipicu oleh Hasil Survei Akun Instagram Microsoft

Sejumlah komentar pedas netizen Indonesia membanjiri akun milik Microsoft. Hal inilah yang membuat Microsoft menutup kolom komentar untuk netizen Indonesia.

Berdasarkan hasil survei Microsoft terbaru yang dilansir dari Digital Civility Index (DCI), pihak Microsoft menyatakan bahwa Indonesia berada pada urutan 29 dari 32 negara pada tingkat kesopanan bersosial media. Inilah yang membuat para netizen Indonesia geram dan meramaikan kolom komentar dengan kata-kata pedas.


Microsoft Sempat Membuka Kolom Komentar dalam Beberapa Waktu

Microsoft menutup kolom komentar untuk netizen Indonesia dan sempat membuka sebentar dalam beberapa waktu lalu. Komentar yang ditemukan tidak hanya positif tetapi juga banyak tulisan tidak menyenangkan mengisi kolom komentar.

Baca juga :  Untuk Menggulangi Covid-19, Aplikasi-Aplikasi Asli Indonesia Ini Bisa Kamu Gunakan

Pada kesempatan ini, pihak Microsoft sempat mengetahui komentar-komentar Indonesia yang sempat menghiasi postingannya. Sejak saat itu, Microsoft sepertinya enggan menjelaskan secara gamblang mengapa kolom komentar ditutup. Untuk saat ini, Microsoft hanya bisa dibagikan dan disukai saja.

Baru Pertama Komentar Netizen Indonesia Berserakan Pada Instagram Microsoft

Komentar-komentar netizen Indonesia ini sempat terbaca sebelum ditutup kembali. Ada beberapa komentar yang terbaca di salah satu unggahan, diantaranya:

Akun pemilik @valentinohaffidh menyatakan agar netizen Indonesia sendiri harus menjaga perilakunya. Ujaran komentar ini disukai 338 kali dan dikomentari 10 lainnya.

Bahkan pemilik akun @frdnshndyppryga berujar bahwa Indonesia berbangga dengan ketidaksopanannya sendiri.

Disusul dengan komentar dari  @ghanysyafriansyah yang mengaku kaget karena baru pertama ia melihat kometar dari netizen Indonesia membludak di akun resmi Instagram milik Microsoft. Padahal, pemilik akun tersebut sudah lama mem-follow akun Microsoft.

Baca juga :  Resmi Diluncurkan 25 Februari, Ini Produk Baru Xiaomi Mengusung

Lebih lucunya lagi, netizen dari pemilik @jepri.anggara26 sempat menyapa Microsoft dengan mengakui bahwa dirinya sopan dengan salam bahagia. Kemungkinan ia mengajak netizen untuk  tidak berbuat ribut dan mengambil komentar yang damai saja.

Tingkat Kesopanan Netizen Indonesia Merosot Se-Asia Tenggara

Dari hasil laporan Digital Civility Index (DCI), tingkat kesopanan Indonesia termasuk terburuk di dunia maya dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya. Hasil survei ini diperoleh dari 32 wilayah yang terdiri 16.000 responden. Waktu penelitian ini diambil dalam kurun waktu bulan April hingga Mei 2020.

Dengan hasil survei seperti ini, netizen Indonesia seharusnya menerima bahwa fakta dari hasil pengamatan memang sesuai dengan kenyataannya. Namun, mirisnya netizen Indonesia justru memberikan banyak kata yang tidak yang menyenangkan di kolom akun Microsoft.

Netizen Indonesia Terkenal Ganasnya

Dari sejumlah negara lainnya, netizen dari Indonesia memang bervariasi mulai dari netizen yang fanatik dengan agama, suka spam atau berjualan tidak pada tempatnya, share berita hoax pada kolom komentar, penghinaan tanpa bukti yang jelas hingga penghujatan besar-besaran. Inilah yang mungkin membuat netizen dari negara lain merasa risih.

Baca juga :  Waspada! LastPass Aplikasi yang Bisa Melacak Pengguna Android

Jangan Sampai Mengubah Citra Kesopanan Indonesia

Selama ini bangsa negara lain tahu bahwa Indonesia memiliki ciri khas yang sopan dalam beretika, bergaul dan berbudaya. Dengan perkembangan teknologi dan dunia maya ini, jangan sampai citra kesopanan Indonesia dirusak oleh komentar dunia maya yang tidak dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum jari-jemari mengetik sesuatu.

Nah, sekarang kamu tahu kan? Kalau menjaga etika kesopanan tidak hanya dalam bergaul secara langsung, tetapi menjaga etika ketika menggunakan sosial media.

Semoga Microsoft menutup komentar netizen Indonesia untuk netizen hanya sementara ya!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+