Hindari Boros, Yuk Terapkan Gaya Hidup Minimalis Pengeluaran

 Hindari Boros, Yuk Terapkan Gaya Hidup Minimalis Pengeluaran

Foto | https://www.theverge.com

Samudrapost.com – Gaya hidup minimalis menjadi tren di kalangan milenial sekarang ini. Bukan hanya tidak menumpuk barang di rumah, tetapi juga minimalis pengeluaran juga mulai diterapkan. Misalnya tidak boros membeli barang tidak perlu, jajan atau makan di luar, nongkrong di kafe atau sekadar hangout bersama teman-teman juga diminimalisasi.

Banyak anak muda yang mulai berpikir ketimbang uang digunakan untuk membeli barang tidak penting lebih baik diwujudkan menjadi sebuah investasi. Nah, investasi ini tentunya untuk jangka panjang. Bukan hanya mereka yang sudah menikah, akan tetapi mereka yang masih berstatus single pun mulai belajar untuk berinvestasi.

Gaya hidup minimalis bukan berarti pelit. Akan tetapi membeli sesuai dengan kebutuhan. Krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi membuat banyak sektor mulai terdampak. Inilah yang harus dipikirkan bahwa harus ada uang yang ditabung atau diinvestasikan ketimbang membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Baca juga :  Erick Thohir: CSR BUMN Akan difokuskan ke Pendidikan dan Lingkungan

Lalu bagaimana cara menerapkan gaya hidup minimalis pengeluaran? Berikut ini cara yang bisa Anda coba.

  1. Perhatikan Sekeliling

Langkah pertama adalah perhatikan sekelilingmu. Apakah ada barang yang menumpuk dan tidak pernah dipakai? Jika iya coba sortir barang tersebut. Anda bisa memilah mana yang masih terpakai dan mana yang tidak. Nah, untuk yang tidak terpakai, Anda bisa mendonasikannya atau menjualnya kembali sebagai barang preloved.

Konsep minimalis mengajarkan kita tahu kapan membeli barang tersebut. Sehingga tidak terjadi penumpukan barang yang sama. Nah, ini tentu akan membuat pengeluaran Anda bisa dipangkas.

  1. Katakan Tidak

Ada tipe orang yang lapar mata ketika melihat sesuatu yang disukainya. Tanpa berpikir panjang butuh atau tidak kemudian membeli barang. Apalagi jika ada embel-embel promo atau diskon maka semakin merasa ‘tidak apa-apa’ ketika membeli barang.

Baca juga :  Pelindo 1 Lhokseumawe Ekspor Perdana CPO Ke India

Mulai sekarang Anda harus berani berkata tidak pada diri sendiri ketika ada godaan diskon atau promo. Barangkali harganya tidak mahal. Akan tetapi jika dituruti untuk membeli tidak menutup kemungkinan akan membuat Anda boros dan pengeluaran membengkak.

  1. Membeli Sesuai Fungsi

Seringkali kita membeli barang banya karena “Ih lucu,” atau “Wah, bagus ya,” kemudian dengan mudah membeli barang tersebut. Padahal barang  yang tampak lucu dan bagus tersebut  tidak memberikan manfaat bagi Anda.

Nah, sebaiknya ketika membeli pikir terlebih dahulu fungsinya. Apakah memberikan manfaat bagi Anda atau tidak. Jika iya dan Anda membutuhkannya tidak menjadi persoalan ketika Anda membelinya. Akan tetapi, jika hanya ‘lucu’ dan ‘bagus’ sebaiknya tunda dulu membeli barang tersebut.

  1. Hapus Rasa Emosional Terhadap suatu Barang

Salah satu penyebab barang menumpuk di rumah adalah rasa emosional terhadap barang tersebut. Misalnya barang tersebut adalah pemberian dari kawan baik. Nah, apabila barang tersebut masih berfungsi boleh saja disimpan. Akan tetapi jika barang tersebut tidak lagi memberikan manfaat bagi Anda, maka tidak ada salahnya Anda menghibahkannya ke orang lain.

  1. Lebih Bahagia

Percaya atau tidak gaya hidup minimalis akan membuatmu semakin bahagia. Kok bisa? Iya sebab kamu akan fokus dengan barang-barang yang kamu perlukan. Tidak perlu ragu atau bimbang ketika memilih sesuatu. Misalnya semula Anda punya lebih dari lima pasang sepatu, setelah menerapkan gaya hidup minimalis Anda hanya punya dua pasang. Anda pun tidak akan bimbang memilih ‘sepatu mana yang akan dipakai’.

Baca juga :  FOTO : Pemilik Kapal Yacht di Pelabuhan Krueng Geukueh Ternyata Pengusaha di Inggris

Nah, bagaimana sudah siap untuk menerapkan gaya hidup minimalis agar pengeluaran tidak boros?

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+