Hanya Di Bulan Februari Saja, 107 Hektar Lahan Di Aceh Terbakar

 Hanya Di Bulan Februari Saja, 107 Hektar Lahan Di Aceh Terbakar

Samudrapost.com | Banda Aceh – Hanya terhitung di Bulan Februari, telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Aceh sebanyak 37 kali dan luas yang terbakar mencapai 107 hektar.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Dr. Ir. Ilyas, MP, mengatakan, kebakaran hutan dan lahan, merupakan bencana yang paling banyak terjadi pada bulan Februari 2021.

Baca juga :  Positif Corona di Aceh Bertambah

“Kebakaran hutan dan lahan, merupakan bencana yang paling dominan terjadi pada bulan Februari 2021, yaitu ada 37 kali dan luas lahan yang terbakar mencapai 107 hektar,” ujar Ilyas melalui siaran pers yang diterima dialeksis.com, Senin (1/3/2021).

Baca juga :  Cerita Wakil Bupati Aceh Tengah, Merasa Tidak Dihargai Dan Tidak Pernah Dilibatkan Dalam Pembahasan Anggaran

Ilyas menambahkan, daerah yang paling banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan yaitu di Aceh Barat Daya, terjadi sebanyak 6 kali, Aceh Barat dan Aceh Selatan, masi-masing terjadi 4 kali.

Dirinya mengharapkan agar adanya partisipasi masyarakat dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan, karena kebakaran tersebut juga bisa menimbulkan kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan hingga perekonomian.

Baca juga :  Galian C Ilegal, Pengundang Bencana di Bumi Rencong

“Bagi masyarakat dan koperasi yang kedapatan membakar lahan, maka bisa kena Pasal 187, 188 KUHP, Pasal 98, 99, dan 108 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” tutur Ilyas.[dialeksis.com]

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+