Google Luncurkan Pixel Fold, Sederet Smartphone Lipat yang Bagus yang Siap Bersaing

 Google Luncurkan Pixel Fold, Sederet Smartphone Lipat yang Bagus yang Siap Bersaing

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Industri smartphone semakin gencar mengembangkan inovasi produk terbarunya. Sebagai bentuk target konsumen yang tidak ingin ketinggalan zaman, banyak platform produsen smartphone yang memproduksi smartphone lipat yang bagus. Bahkan, Google luncurkan Pixel Fold. Seperti apa ya produk baru Google ini? Berikut informasi lebih jelasnya lagi.


Diluncurkan Kira-kira Akhir Tahun 2021

Para pengguna smartphone pasi sudah penasaran dan bertanya-tanya kapan Google luncurkan Pixel Fold? Banyak pengumuman yang baru saja menyiarkan smartphone layar lipat produksi Google ini.

Berdasarkan sumber yang sempat dilansir dari akun twitter milik Jon Prosser – kreator Front Page Tech, ia sempat mengungkapkan bahwa Pixel Fold memang akan diproduksi namun tidak tahu secara persis kapan diluncurkan. Ia memperkirakan bahwa Pixel Fold akan dirilis di akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022.


Google dalam Pengembangan Layar OLED Lipat

Dalam informasi sebelumnya, Google sempat meminta pengembangan OLED Layar Lipat kepada pihak Samsung.  Layar OLED ini berukuran 7,6 inci yang panelnya dapat dilipat secara fleksibel.

Baca juga :  Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Chipset Qualcomm Snapdragon 888

Karena sempat meminta kepada Samsung, bentuk layar Google kemungkinan memiliki luas yang mirip dengan bentangan layar Galaxy Z Fold 2 yang menjadi layar utama smartphone Samsung.

Tak Kalah dengan yang Lain, Apple Juga akan Merilis iPhone Flip

Jon Prosser juga sempat memperkirakan bentuk baru dari iPhone yang akan dirilis. Bentuk layar smartphone lipat yang bagus dari iPhone ini menggunakan konsep clamshell yang mirip juga dengan bentuk layar Samsung Galaxy Z Flip.

Warna dari iPhone Flip ini juga tak kalah menarik karena memiliki varian colors yang lebih fun dan millenial. Diperkirakan iPhone seri ini akan dijual dengan harga 1,499 Dollar atau setara dengan 21 juta rupiah.

Selain Google, Samsung akan Membuat Layar OLED untuk Oppo

Selain Google luncurkan Pixel Fold, Samsung juga akan membuat layar OLED untuk smartphone Redmi dan Oppo. Untuk jenis Oppo sendiri, layar yang didesain berukuran 7,7 inchi ketika layar terbuka. Pada bagian layar luar, ukurannya dimulai dari 1,5 hingga 2 inci.

Baca juga :  Hujan Komentar Netizen Indonesia, Microsoft Enggan Buka Kolom Komentar Lagi

Jika dibandingkan dengan layar Samsung Galaxy Z Flip yang dirilis tahun lalu, layar panel Oppo juga jauh lebih besar. Oppo menggandeng mitra Visionox, BOE dan Samsung Display dalam mengembangkan layar ini di tahun lalu.

Xiaomi Juga Ikut Bermitra dengan Samsung untuk Menggunakan OLED

Dengan kemitraan Visionox, Xiaomi juga meluncurkan layar yang sama dengan ukuran 7,92 Inci. Namun, di tahun 2021 ini, Xiaomi menargetkan ukuran panel layar sebesar 8,03 inci. Sedangkan layar luar Xiaomi berukuran sebesar 6,38 inci.

Memahami Lagi tentang Layar OLED

Sejauh membaca informasi di atas, sebagian dari pengguna mungkin masih bingung apa yang dimaksud dengan layar OLED. OLED merupakan kepanjangan dari Organic Light Emitting Diode.

Baca juga :  Mengungkap Audio Room, Aplikasi Mirip Clubhouse di Instagram

Layar ini terdiri dari kandungan elemen organik sehingga dapat memacarkan cahaya saat listrik mengalirinya. Mengapa banyak yang menilai OLED lebih bagus daripada layar LCD? Ini karena warna OLED lebih menarik lagi. Selain itu, kecepatan waktu panel ini juga lebih cepat.

Tidak hanya itu saja OLED dianggap memiliki desain bahan yang ringan, tingkat kecerahan yang bagus serta kelebaran sudut pandang yang fleksibel. Perbedaannya, OLED dapat memancarkan warna yang tepat tanpa difilter dahulu layaknya LCD.

Informasi tentang Google luncurkan Pixel Fold ini membuat banyak platform produsen smartphone lipat yang bagus menggandeng mitra lain untuk memproduksi jenis layar yang serupa. Sudah nggak sabar kan menantikan smartphone jenis terbaru ini?

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+