Emas, Benarkah Jadi Investasi yang Tak Lekang Zaman?

 Emas, Benarkah Jadi Investasi yang Tak Lekang Zaman?

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang semakin diminati oleh masyarakat dari waktu ke waktu. Tidak terkecuali pada saat pandemi Covid-19, investasi emas disinyalir tetap stabil bahkan tidak surut pamornya.


Hal tersebut tidak mengherankan, karena emas memang sejak lama sudah dianggap sebagai alat yang tepat untuk menyimpan kekayaan. Selain harganya yang terus meningkat, emas juga mudah dijual dan juga relatif aman. Sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai elemen investasi.

Peluang Investasi Emas Logam Mulia

Pada bulan kedua di tahun 2021 ini, harga emas antam disinyalir menyentuh angka Rp 994.276 per gram atau hampir menyentuh harga 1 juta untuk satu gram. Meskipun mengalami naik turun, namun harga logam mulia memang relatif stabil.


Dari tahun ke tahun, harga emas juga terus meningkat secara signifikan.  Hal tersebut jugalah yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk beralih pada investasi emas. Apakah Anda tertarik untuk melakukan investasi dengan logam mulia?

Tips Investasi Emas untuk Para Pendatang Baru

Melihat peluang baik tentu saja membuat siapapun ingin segera mengambilnya. Namun sebagus apapun peluangnya tentu saja Anda membutuhkan peta. Maksudnya mengetahui detail hal apa saja yang perlu dilakukan agar bisa untung. Nah berikut ini  berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Anda seorang pemula yang ingin berkecimpung di dunia tersebut.

  1. Membuat Tujuan yang Pasti

Memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia, pastikan Anda mengetahui mengenai arah dan tujuan yang pasti. Misalnya berapa lama tabungan tersebut akan digunakan. Apakah dana tersebut nantinya akan digunakan untuk biaya pernikahan, biaya pendidikan, atau bahkan investasi hari tua.

Baca juga :  Penduduk Miskin Mencapai 19 Ribu Orang, Aceh Duduki Daerah Termiskin Di Sumatera

Dengan mengetahui target investasi, maka Anda dapat memperkirakan berapa banyak penghasilan yang harus disisihkan setiap bulannya. Yang harus dipahami, investasi emas merupakan tabungan jangka panjang.

Jadi hasilnya baru bisa dirasakan dalam jangka waktu 5-10 tahun ke depan. Hal tersebut berbeda dengan jual beli barang yang pada umumnya labanya bisa dilihat dalam waktu singkat.

  1. Memantau Perkembangan Emas Secara Berkala

Memantau perkembangan harga emas secara berkala perlu dilakukan pada saat akan berinvestasi. Untuk melakukan hal tersebut tidaklah sulit. Apalagi mengingat banyak situs online yang bisa di manfaatkan untuk memantau perkembangannya.

Baca juga :  Tak Lekang Oleh Waktu, Inilah 7 Ide Bisnis Otomotif Terlaris

Meskipun disinyalir sebagai elemen investasi yang harganya paling stabil, namun tetap saja ada peluang naik turunnya harga. Jadi dengan memantau perkembangannya, Anda dapat mengetahui kapan harus membeli dan kapan juga harus menjual emas.

  1. Membeli di Tempat yang Terpercaya

Mengetahui tempat membeli emas sangat penting untuk dilakukan sebelum berinvestasi. Baik membeli di toko fisik maupun menabung secara online. Sangat penting untuk membeli emas di tempat yang resmi dan bersertifikat.

Tujuannya tentu saja untuk keamanan dan kenyamanan Anda sebagai pelaku investasi. Selain membeli di toko fisik atau membeli secara offline, di era digital ini investasi emas juga dapat dilakukan secara online. Beberapa situs online terpercaya seperti pegadaian digital, brankas LM, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya juga menyediakan layanan tabungan emas.

  1. Menyimpan di Tempat Super Aman

Tips investasi emas yang terakhir adalah penyimpanan. Dalam kondisi apapun, pastikan menyimpan barang berharga Anda di tempat yang aman. Penyimpanan emas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya menyimpan sendiri di rumah dengan media safety box.

Baca juga :  Menggiurkan, Inilah 5 Ide Bisnis Pertanian Hidroponik Masa Kini

Dengan memanfaatkan layanan Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan oleh pihak bank. Ketika memilih cara yang kedua ini, mungkin Anda akan dikenakan biaya tambahan dari pihak bank yang bersangkutan.

Emas adalah Alat untuk Mempertahankan Kekayaan

Investasi emas menjadi salah satu cara yang ditempuh untuk menyimpan uang. Selain dilakukan dengan tujuan untuk menabung, investasi dalam bentuk logam mulia juga memberikan banyak sekali keuntungan. Terutama karena konversinya yang selalu bertambah dan tahun ke tahun.

Bahkan banyak para berpendapat bahwa emas ini adalah alat untuk mempertahankan kekayaan. Jika menyimpan uang akan tergerus oleh inflasi, maka lain ceritanya dengan menyimpan kekayaan dalam bentuk emas. Seperti yang Anda ketahui, nilai emas ini terbilang stabil bahkan bisa dijadikan sebagai investasi di masa depan.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+