Apa Itu Penyakit Autoimun yang Menyerang Ashanty?

 Apa Itu Penyakit Autoimun yang Menyerang Ashanty?

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Tidak sedikit orang yang mengidap penyakit autoimun, salah satunya penyanyi Ashanty, yang juga istri dari Anang Hermansyah. Pengidap autoimun satu dan lainnya memiliki gejala yang berbeda. Organ tubuh yang diserangnya pun berbeda, itulah mengapa setiap pasien autoimun berbeda penanganan dan pantangannya.


Penyakit autoimun adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh yang ada justru menyerang sel-sel baik di dalam tubuh penderitanya. Imunutas atau sistem kekebalan tubuh normalnya bekerja ketika ada benda asing atau sel jahat seperti virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Apabila ada benda Asing maka sistem kekebalan tuhuh akan melawan dan menyerang sel jahat tersebut.

Namun tidak bagi penderita autoimun. Sistem kekebalan tubuh penderita beranggapan kalau bagian tubuh tertentu adalah ‘musuh’ atau benda asing sehingga harus diserang. Akibatnya tubuh melepas protein untuk menyerang sel sehat, dalam dunia medis ini lazim disebut autoantibodi.


Baca juga :  Ini Cara Atasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur

Tidak semua bagian tubuh diserang, hanya bagian tubuh tertentu yang berakibat cukup fatal, misalnya berkurangnya fungsi dari organ tubuh tersebut. Akan tetapi, ada juga penyakit autoimun yang menyerang seluruh bagian tubuh.

Penyebab Penyakit Autoimun

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab penyakit ini menyerang seseorang. Perempuan lebih rentan terkena penyakit ini ketimbang pria. Penyakit autoimum juga menyerang kelompok etnis tertentu, Afrika, Amerika, dan Amerika Latin juga rentan terkena penyakit ini.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan siapa saja bisa terserang penyakit autoimun, tidak melihat jenis kelamin ataupun etnis tertentu.

Faktor keturunan disinyalir juga bisa menjadi penyebab penyakit autoimun. Jika ada anggota terkena penyakit autoimun, maka tidak menutup kemungkinan anak keturunannya juga rentan terkena penyakit yang sama. Akan tetapi, siapa yang terkena, hal ini belum bisa diprediksi. Bisa juga hanya menjadi pembawa dan kemudian diturunkan lagi.

Baca juga :  Ashanty Dan Anaknya Terpapar Covid-19

Akan tetapi, penderita semakin bertambah dan tidak ada riwayat keluarga, penyebabnya juga bisa karena faktor lingkungan. Misalnya karena adanya infeksi atau terpapar bahan kimia. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, tinggi gula, dan makanan olahan juga bisa menjadi pemicu autoimun. Diet yang keliru disinyalir juga bisa menjadi penyebab autoimun.

Apa Itu Penyakit Autoimun dari Jenisnya?

Apa itu penyakit autoimun, yang dlihat dari jenisnya? Ternyata ada banyak jenis penyakit ini. Setiap orang mengalami gejala dan sakit yang berbeda. Berikut ini adalah 5 penyakit autoimun yang paling lazim terjadi.

  1. Diabetes Tipe 1

Pada diabetes melitus tipe 1 sistem kekebalan tubh akan menyerang pankreas. Padahal pankreas adalah penghasil insulin bagi tubuh dan mengatur kadar gula darah. Akibatnya gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada organ seperti mata, jantung, ginjal, dan saraf.

  1. Rheumatoid Arthitis

Penyakit ini menyerang mereka di usia yang relatif muda, bisa di awal 30-an. Cirinya gejala kemerahan, nyeri, dan hangat pada persediaan.

  1. Multiple Sclerosis

Organ yang diserang adalah selubung mielin, lapisan pelindung yang mengelilingi sel saraf di sistem saraf pusat. Akibatnya dapat memperlambat kecepatan transmisi pesan antara otak dan sumsum tulang belakang dari dan ke seluruh tubuh. Gejala yang dirasakan antara lain mati rasa, masalah keseimbangan, dan sulit berjalan.

  1. Addison

Ini adalah jenis penyakit yang menyerang kelenjar adrenalin. Gejala penyakit addison ini antara lain badan lemah, mudah lelah, gula darah rendah, dan penurunan berat badan yang drastis.

Baca juga :  Selain Wortel, Ini Asupan yang Penting untuk Jaga Kesehatan Mata

Semoga kita selalu sehat ya. Dan pertanyaan tentang apa itu penyakit autoimun sudah terjawab.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+