5 Penyebab Rambut Rontok, Salah Satunya Akibat Stres

 5 Penyebab Rambut Rontok, Salah Satunya Akibat Stres

Foto | pexels.com

Samudrapost.com – Rambut rontok adalah masalah yang dihadapi hampir semua orang, terutama kaum perempuan. Dugaan penyebab rambut rontok kebanyakan disebut karena tidak cocok sampo yang digunakan. Sebab lain karena terlalu sering diikat sehingga menyebabkan rambut rontok.

Padahal penyebab rambut rontok bukan hanya sampo lho! Untuk mendapatkan rambut yang sehat juga diperlukan perawatan menyeluruh. Misalnya saja menggunakan vitamin rambut, conditioner, dan juga keramas rutin sehingga akar rambut kuat dan kulit kepala menjadi bersih.

Pemilihan sisir yang tepat juga salah satu cara untuk mencegah kerontokan rambut. Selain dari luar, perawatan rambut ternyata juga diperlukan dari dalam. Pemenuhan gizi dan vitamin yang cukup juga pengaruh pada kualitas rambut kita lho.

Gaya hidup juga perlu diperhatikan. Seringnya terpapar sinar matahari atau tidak segera membuka kerudung setibanya di rumah, juga bisa menjadi pemicu rambut rontok. Jadi jangan hanya menyalahkan sampo ya jika kamu mendapati rambut rontok.

Baca juga :  Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh, Apa Saja?

Kendati menggunakan sampo terbaik, tetapi tidak melakukan perawatan maksimal kerontokan rambut bisa saja terjadi di kemudian hari.

Nah, berikut ini adalah penyebab rambut rontok yang perlu kamu tahu.

  1. Gangguan Tiroid

Tubuh manusia sebetulnya sudah memberi sinyal jika ada penyakit tak terlihat dalam tubuhnya. Rambut rontok adalah salah satu ciri adanya gangguan tiroid pada seseorang. Jika kamu merasa rambutmu rontok secara tak wajar, silakan konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan diagnosa lebih jelas.

  1. Kekurangan Nutrisi

Jika mengalami rambut rontok bisa jadi tubuhmu kekurangan nutrisi. Coba cek asupan nutrisi harianmu apakah mencukupi gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Penyebab rambut rontok bisa jadi disebabkan kurangnya konsumsi vitamin B dan vitamin D dalam tubuh.

Baca juga :  Tips Sarapan Sehat, Wajib Konsumsi Serat Setiap Hari

Selain perawatan dari luar kamu juga bisa mencukupi kebutuhan dari dalam. Cukupi makan sayur dan buah. Kurangi makanan berlemak dan tidak bergizi. Sadarilah bahwa rambut kita juga memerlukan vitamin jadi jangan hanya perawatan dari luar saja.

  1. Penyakit Tertentu

Rambut rontok juga bisa menjadi indiikasi penyakit tertentu. Jika mengalami kerontokan rambut yang tak normal dan dalam jumlah banyak, coba cek apakah ada tanda penyakit lain dalam tubuhmu. Kamu bisa memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab rambut rontok  yang kamu alami.

  1. Kehamilan dan Perubahan Hormon

Rambut rontok juga bisa dialami oleh perempuan setelah melahirkan. Itu disebabkan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh seseorang yang berefek pada kerontokan rambut. Hal tersebut normal dan tidak perlu dikhawatirkan.  Hanya diperlukan asupan gizi yang cukup untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga :  5 Alasan Kenapa Harus Tahu Manfaat Tidur Berkualitas

Perempuan yang memasuki masa menopause juga mengalami masalah kerontokan rambut. Akan tetapi, ini tidak dialami oleh semua orang. Tentunya tergantung pada kondisi hormon seseorang. Itu sebabnya diperlukan asupan gizi dan vitamin yang cukup.

Konsumsi pil KB disinyalir juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Sebab seseorang yang mengonsumsi pil KB akan mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya.

  1. Stres

Percaya atau tidak stres atau pikiran juga bisa berpengaruh pada fisik seseorang. Termasuk menjadi penyebab rambut rontok. Jika kamu sedang stres atau terlalu banyak pikiran cobalah redam agar tidak merembet ke fisikmu. Perlu diketahui tidak semua orang mengalami rambut rontok ketika stres.

Itulah yang menjadi penyebab rambut rontok. Jadi jangan buru-buru menyalahkan sampo jika rambutmu rontok.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+