5 Alasan Kenapa Harus Tahu Manfaat Tidur Berkualitas

 5 Alasan Kenapa Harus Tahu Manfaat Tidur Berkualitas

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Anda pasti pernah sudah tidur lama akan tetapi masih merasa ngantuk dan pegal di badan. Jika demikian bisa jadi tidur Anda tidak berkualitas. Tidur kok berkualitas? Iya, betul tidur atau pola istirahat kita juga harus berkualitas. Ini sangat berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan Anda.

Manfaat tidur berkualitas sama pentingnya dengan olahraga dan juga mengonsumsi makanan bergizi. Jika Anda ingin menerapkan pola hidup sehat, bukan hanya diet dan olahraga akan tetapi pola istirahat dan tidur yang berkualitas juga penting.

Gaya hidup orang sekarang ini dengan aktivitas dan pekerjaannya membuat kualitas tidur menurun. Bukan hanya waktu istirahat ya, akan tetapi kualitas tidur juga diperlukan.  Jadi jangan hanya merasa sudah tidur selama delapan jam kemudian badan sehat, akan tetapi kualitas dari tidur itulah yang diperlukan.

Pastikan ketika akan istirahat Anda sudah tidak lagi memikirkan pekerjaan sehingga tidak akan menganggu pikiran dan kualitas istirahat Anda.

Baca juga :  Manfaat Teh Sereh untuk Tubuh, Bisa Tingkatkan Imunitas

Jadi jangan rusak diet dan olahragamu dengan kualitas tidur yang buruk ya. Berikut ini 5 alasan pentingnya tidur berkualitas:

  1. Kenaikan Berat Badan

Hati-hati, tidur yang kurang berkualitas bisa berimbas pada kenaikan berat badan. Seseorang yang tidur dengan durasi waktu pendek punya kecenderungan obesitas. Waktu atau durasi tidur memicu orang malas bergerak dan kurang motivasi untuk berolahraga. Jika ingin dietmu berhasil, pastikan Anda juga memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Mereka yang punya kebiasaan begadang juga berisiko obesitas. Ketika malam mereka akan cenderung ngemil sembari bekerja di depan laptop. Itulah yang membuat risiko obesitas lebih besar pada mereka yang hobi begadang. Kualitas tidur pun menjadi buruk.

  1. Lebih Produktif

Mereka yang punya waktu tidur cukup dan berkualitas akan lebih produktif, karena tidak mengantuk di siang hari. Selain itu, juga lebih bisa berkonsentrasi dalam bekerja dan belajar karena tubuhnya lebih fit dan segar.

Baca juga :  Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh, Apa Saja?

Mereka yang cukup tidur akan bisa lebih mudah berkonsentrasi sehingga lebih produktif. Mereka tidak mengantuk di siang hari. Pekerjaan yang selesai di siang hari tidak akan menyebabkan seseorang bekerja lembur, sehingga waktu istirahat pun lebih berkualitas.

  1. Risiko Penyakit Degeneratif

Jika Anda kurang tidur dan tidak berkualitas maka berisiko munculnya penyakit degeneratif seperti jantung, hipertensi, dan stroke. Organ tubuh punya waktu untuk istirahat. Apabila waktu yang seharusnya untuk beristirahat namun dipaksa bekerja tentu akan berakibat buruk.

Mereka yang waktu tidurnya kurang juga rentan terkena flu dibandingkan mereka yang  punya waktu tidur cukup dan berkualitas. Imunitas dan kekebalan tubuh juga dipengaruhi oleh kualitas tidur seseorang.

  1. Rentan Depresi

Seseorang dengan kualitas tidur yang buruk rentan mengalami depresi. Studi dari National Institute of Health disebutkan bahwa mereka yang kurang tidur punya risiko depresi yang lebih tinggi.

  1. Risiko Diabetes

Selain berisiko terkena penyakit stroke, hipertensi, dan jantung mereka yang memiliki waktu tidur kurang juga rentan terkena prediabetes. Nah, jika ingin terhindar dari penyakit diabetes ataupun gejala diabetes pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

Baca juga :  Tips Jaga Kebugaran Tubuh Ini Mudah, tapi Sering Lupa

Nah, itu dia alasan manfaat tidur berkualitas yang ternyata amat penting untuk dilakukan. Anda bisa memeriksa kembali apakah tidur Anda sudah berkualitas atau belum. Ini penting untuk kesehatan. Apalagi jika Anda punya kebiasaan tidur larut atau begadang, sekarang saatnya untuk mengatur ulang pola istirahat. Selamat mencoba!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+