Waspada Tekanan Darah Rendah, Jangan Sepelekan

 Waspada Tekanan Darah Rendah, Jangan Sepelekan

Foto | id.pinterest.com

Samudrapost.com – Tekanan darah rendah cenderung lebih mudah diobati. Cukup istirahat, konsumsi makanan bergizi yang dapat menormalkan tekanan darah, adalah hal lazim yang bisa dilakukan. Kendati demikian tekanan darah rendah tidak dapat disepelekan. Pada beberapa kasus tekanan darah rendah juga bisa berakibat fatal jika tidak diwaspadai.

Darah rendah dalam dunia medis disebut hipotensi. Adalah kondisi tekanan darah seseorang berada di bawah batas normal. Untuk ukuran orang dewasa, tekanan darah normal berada pada kisaran 120/80 mmHg. Angka tersebut tentunya ketika seseorang berada dalam kondisi yang sehat.

Apabila tekanan darah seseorang berada di bawah angka tersebut maka bisa dibilang menderita atau mengidap hipotensi. Gejala tekanan darah rendah tidak begitu terlihat seperti orang yang mengidap tekanan darah tinggi. Bahkan pada beberapa kasus sering tidak terlihat, sehingga seseorang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap tekanan darah rendah.

Baca juga :  Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh, Apa Saja?

Tekanan Darah Rendah Akut, Perlu Penanganan Medis

Bahkan pada beberapa orang yang mengidap tekanan darah rendah akut bisa saja tetap dalam kondisi yang sehat. Akan tetapi jangan disepelekan, sebab tekanan darah rendah juga bisa menimbulkan akibat lain pada penderitanya. Jadi jangan disepelekan ya.

Orang yang menderita tekanan darah rendah akan merasa pusing atau melayang bahkan ada rasa ingin pingsan. Pada orang tertentu akan mengalami gejala seperti sulit berkonsentrasi, mual, kelelahan, penglihatan kabur,dan kulit pucat.

Apabila menalami tanda-tanda seperti tersebut di atas, tidak ada salahnya langsung memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Tentu saja ada penanganan edis yang lebih akurat.

Seseorang yang tekanan darahnya turun drastis bahkan sangat cepat dari kondisi sebelumnya juga dianjurkan segera mendapatkan penanganan medis. Penurunan tekanan darah yang sangat rendah dapat berakibat syok atau pingsan. Dalam kondisi tersebut beberapa organ tubuh tidak cukup mendapatkan supply darah dan bisa mengakibatkan syok.

Baca juga :  Apa Itu Penyakit Autoimun yang Menyerang Ashanty?

Beberapa tanda tekanan darah sangat rendah, antara lain:

  1. Terdapat Ruam Biru pada Kulit

Perhatikan kulit, jika terdapat ruam biru pada beberapa bagian kulit, ada kemungkinan tekanan darah Anda sangat rendah. Ini tak bisa diremehkan begitu saja harus segera mendapatkan penanganan medis.

  1. Kulit Dingin dan Lembap

Coba periksa kulit Anda. Jika terasa dingin dan lembap ada kemungkinan tekanan darah Anda sangat rendah. Ini yang harus diwaspadai. Jangan remehkan begitu saja.

  1. Nadi Sangat Lemah dan Cepat

Tanda lain jika tekanan darah sangat rendah adalah nadi yang sangat lemah, akan tetapi berdenyut cepat. Jika mengalami hal ini tak perlu pikir panjang untuk mendapatkan penanganan medis.

  1. Penurunan Kesadaran
Baca juga :  Manfaat Teh Sereh untuk Tubuh, Bisa Tingkatkan Imunitas

Pada beberapa orang yang memiliki tekanan darah sangat rendah, bisa mengalami penurunan kesadaran. Ini perlu diwaspadai karena sangat berbahaya bagi jiwa seseorang. Apabila ada pada kondisi seperti ini segera bawa ke rumah sakit.

Ketika menjalani pemeriksaan dokter akan menanyakan riwayat penyakit yang pernah diderita. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain adalah memeriksa tekanan darah, detak jantung, dan tes lain untuk memeriksa masalah lain pada organ dalam.

Penyebab darah rendah pun beragam. Antara lain kehamilan, dehidrasi, kekurangan nutrisi, masalah jantung, gangguan endokrin, infeksi parah juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Selain itu terlalu banyak berbaring juga bisa memicu tekanan darah rendah..

Jika Anda mengalami masalah tekanan darah rendah ada baiknya rutin memeriksakan diri ke dokter atau mengontrol gaya hidup Anda agar tekanan darah tetap stabil dan terjaga.

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+