Tips Sarapan Sehat, Wajib Konsumsi Serat Setiap Hari

 Tips Sarapan Sehat, Wajib Konsumsi Serat Setiap Hari

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Tips sarapan sehat bukan hanya untuk memenuhi kewajiban untuk bikin perut kenyang. Akan tetapi, juga harus diperhatikan kandungan makanan yang kita konsumsi. Ini berpengaruh pada aktivitas kita seharian. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kecukupan konsumsi serat di pagi hari.

Bukan hanya orang dewasa, kecukupan konsumsi serat juga diperlukan untuk anak-anak. Apalagi di masa belajar di rumah, asupan makanan sehat diperlukan agar mereka tetap dapat mengikuti pembelajaran online di rumah.

Tidak sedikit orang tua yang mengabaikan pentingnya serat saat sarapan. Prinsipnya asal perut terisi dan kenyang itu sudah cukup dianggap sebagai sarapan. Penelitian Pergizi Pangan Indonesia pada 2012 menyebutkan bahwa hampir sebagian besar anak Indonesia usia sekolah, yaitu 6-12 tahun mengalami kekurangan serat. Ini menyebabkan si anak kurang konsentrasi saat belajar. Akibat lainnya adalah tubuh menjadi lemas dan lesu.

Baca juga :  Cara Kontrol Gula Darah agar Tetap Stabil dan Bisa Beraktivitas

Manfaat Sarapan Sehat Bagi Tubuh

Padahal sarapan sehat dan bergizi itu dapat meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas seharian. Mengonsumsi cukup serat saat sarapan dapat membantu menambah kebutuhan gizi harian pada tubuh. Energi terpenuhi, konsentrasi meningkat, dan berat badan tetap terjaga dengan baik.

Seseorang yang kekurangan serat akan cenderung banyak ngemil, inilah yang dapat memicu kenaikan berat badan pada seseorang. Jadi jangan abaikan isi piringmu saat sarapan ya.

Manfaat serat lainnya juga dapat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi mereka yang mobilitasnya cukup tinggi. Tubuh yang mendapat asupan serat yang cukup, dapat membantu penyerapan makanan lainnya dengan lebih baik.

Kebutuhan gizi dalam tubuh juga terpenuhi sehingga imunitas dapat meningkat lebih baik.  Seseorang dengan gizi yang cukup dan imunitas yang baik tidak akan merasakan tubuh terasa lemas dan lesu. Jika Anda merasa demikian, coba perhatikan kembali kecukupan asupan serat dalam tubuh Anda.

Baca juga :  Waspada Tekanan Darah Rendah, Jangan Sepelekan

Sumber Serat untuk Penuhi Sarapan Sehat

Sumber serat dapat dengan mudah didapatkan di sekitar kita. Pastinya serat dapat ditemukan di sayuran berwarna dan juga buah-buahan. Selain itu serat juga bisa ditemukan pada makanan jenis umbi-umbian seperti ubi, jagung, dan kacang-kacangan.

Bukan perkara yang sulit untuk mendapatkan sumber serat alami. Selain dijual bebas di pasaran, sebagian besar orang ada yang menaman sendiri kebutuhan serat harian mereka. Apalagi bagi mereka yang tinggal di pedesaan.

  1. Sayuran dan Buah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayuran dan buah mengandung serat alami. Sayuran yang banyak mengandung serat misalnya saja wortel, bayam, brokoli, kacang panjang, dan jenis sayuran hijau lainnya. Asparagus, labu, jamur, dan kentang juga bisa menjadi pilihan makanan yang mengandung serat alami.

Baca juga :  Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh, Apa Saja?

Sedangkan buah-buahan yang banyak mengandung serat misalnya saja apel, pisang, buah pir, jeruk, pepaya, mangga. Alpukat, dan lain-lain. Itu sebabnya banyak orang yang sekarang mulai mengonsumsi buah di pagi hari.

  1. Biji-bijian

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan buah-buahan atau sayuran segar, sumber serat alami juga bisa didapat dari biji-bijian. Misalnya saja roti gandum, sereal, oatmeal adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Jika Anda mengonsumsi makanan kemasan, jangan lupa perhatikan kandungan serat di dalamnya.

  1. Kacang-kacangan

Untuk makanan selingan atau cemilan, Anda juga bisa mengonsumsi makanan jenis kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi. Antara lain kacang merah, kacang almond, pistachio, kacang polong, kacang hitam dan lain-lain. Pastinya cara pengolahan yang tepat misal tidak banyak minyak juga merupakan tips sarapan sehat yang perlu diperhatikan.

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+