Ternyata Ini yang Jadi Perbedaan WhatsApp dan Signal

 Ternyata Ini yang Jadi Perbedaan WhatsApp dan Signal

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Baru-baru ini aplikasi Signal mendadak heboh diperbincangkan setelah Elon Musk – pemilik mobil listrik Tesla – membuat ajakan untuk menggunakan aplikasi pesan singkat terbaru ini.


Munculnya kebijakan baru WhatsApp yang mewajibkan users membagi datanya ke Facebook yang menjadi salah satu alasannya mengapa Elon Musk menyerukan ajakannya untuk menggunakan aplikasi mirip WhatsApp ini.

Walaupun WhatsApp dan Signal memiliki persamaan fungsi, kedua aplikasi ini memiliki perbedaan yang harus anda ketahui. Kenali letak perbedaan WhatsApp dan Signal.


WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi yang sudah umum digunakan, berikut aspek fitur dan keamanannya.

  • Dapat Menampung Anggota Grup Hingga 200 Lebih

Salah satu fitur yang sering digunakan adalah fitur grup. Aplikasi garapan Ex Yahoo, Jan Koun dan Brian Acton ini menyediakan grup yang dapat membuat diskusi obrolan sampai 256 anggota.

  • Menyiarkan Pesan Secara Bersamaan

Lebih praktisnya lagi, WhatsApp dapat menyampaikan pesan secara bersamaan maksimal delapan pengguna. Fungsi ini bisa dimanfaatkan pada fitur broadcast message sehingga dapat melakukan panggilan secara personal atau grup secara bersamaan. Pesan dapat disiarkan dalam format video maupun suara.

  • Membagikan Semua Jenis Dokumen
Baca juga :  Google Luncurkan Pixel Fold, Sederet Smartphone Lipat yang Bagus yang Siap Bersaing

Semua jenis dokumen baik dalam bentuk teks, video, audio dan gambar dapat dibagikan pada semua pengguna. Batasan file yang di-share adalah 16 MB. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membagikan lokasi dengan sistem real-time.

Fitur Lain dari WhatsApp

Aplikasi yang menduduki peringkat ketiga berdasarkan jumlah pengguna terbanyak 2021 ini memiliki keunggulan fitur lain seperti iCloud dan Google Drive, hapus pesan yang tanpa sengaja dan berbagai emoticon stiker.

  • Segi Keamanan WhatsApp

Aplikasi ini memiliki sistem terenkripsi end-to-end yang artinya hanya anda dan penerima pesan yang membaca pesan yang anda kirim. Untuk privasi pengguna, WhatsApp tidak bisa mendeskripsikan konten panggilan, foto dan pesan. Meskipun pihak lain tidak bisa membaca pesan, mereka masih memungkinkan mengetahui siapa dan kapan pesan dikirim.

Baca juga :  Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Chipset Qualcomm Snapdragon 888

Signal Messenger

Lain WhatsApp, lain pula dengan Signal. Walaupun Signal Messenger sudah dirilis sejak Februari 2018, Elon Musk baru mempopulerkan di tahun 2021. Berikut fitur dan keamanan Signal

  • Tidak dapat Berkirim Pesan ke Beberapa Penerima Sekaligus

Pada dasarnya WhatsApp dan Signal memiliki kesamaan dalam fitur enkripsi end-to-end serta pengiriman video, dokumen dan audio. Namun, pengguna tidak bisa mengirimkan pesan via Signal kepada semua kontak penerima sekaligus. Dilihat dari aspek fitur grup ini, WhatsApp memang masih jauh lebih unggul. Tapi Signal masih bisa melakukan panggilan secara bersamaan dalam grup.

  • Bisa Menghilangkan Pesan dan Gambar

Fitur signal bisa menghapus pesan dan foto. Foto yang terkirim hanya bisa dilihat sementara saja dan terhapus jika tidak didownload. Lebih amannya lagi, anda bisa menyembunyikan alamat IP pada fitur Signal.

  • Segi Keamanan Signal
Baca juga :  Mengungguli Android, Kini Ponsel Huawei yang Baru Punya Harmony OS April Mendatang

Aplikasi pengirim pesan ini memiliki sistem sealed sender, yaitu Pengirim Tertutup antara pengirim dan penerima informasi. Keamanan ini juga didukung pilihan dua faktor (2FA) yang terdiri faktor pemblokiran tangkapan layar dari aplikasi dan pilihan autentikasi.

Tidak hanya itu saja, keamanan dilengkapi dengan kode keamanan empat digit kode. Sandi ini dapat melindungi semua dokumen lokal.  Oleh karena itu, panggilan grup Signal bersifat aman.

Untuk aspek keamanan, Signal jauh lebih baik daripada Whatsapp.

Itulah letak perbedaan WhatsApp dan Signal dari sisi fitur hingga keamanan. Ternyata, antara diantara dua aplikasi ini memiliki keunggulan dan kelemahan baik dari segi fitur dan keamanan.

Supaya lebih tahu perbedaan WhatsApp dan Signal, menginstal dua aplikasi sekaligus mungkin bisa anda lakukan!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+